Bingung Memilih Smartphone Terbaik


Memilih smartphone terbaik

Jangan Bingung Memilih Smartphone Terbaik

Buat para gadget mania, smartphone merupakan daftar buruan yang menarik. Bisa karena ikut-ikutan gaya, ataupun karena fitur dan fungsinya yang memang dibutuhkan. Apapun, para gadget mania tentu mengincar smartphone yang terbaik

Bagi saya pribadi ungkapan smartphone terbaik sedikit rancu maknanya. Mengapa ? Sebab kebutuhan setiap orang akan smartphone ‘kan beda-beda. Gadget tertentu yang saya anggap sebagai smartphone terbaik misalnya, bisa jadi hanya biasa-biasa saja buat orang lain. Demikian pula sebaliknya. Cara yang bijak dalam memilih handphone pintar tersebut adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan kita.

Nah, dari pada bingung dengan arti smartphone terbaik, berita berikut ini jelas terlalu sayang untuk dilewatkan.
Pada ajang Mobile World Congress 2012 di Barcelona diperkenalkan sejumlah smartphone terbaru dengan teknologi yang canggih. Dibawah ini daftar beberapa smartphone yang dianggap publik paling menarik perhatian. Data diperoleh dari TechRadar via detikINET. Daftar smartphone disusun secara alfabetik. 

1. Asus Padfone
Asus Padfone direalease sudah cukup lama, tapi baru dipasarkan pada April 2012. Yang menarik, Padfone dapat dimasukkan ke dalam tablet yang punya slot untuk menampungnya. Kemudian, tablet akan berfungsi sama seperti smartphone tersebut. Spesifikasi Padfone terhitung lumayan seperti OS Android 4.0, layar Super Amoled qHD dan prosesor dual core Snapdragon S4

2. HTC One X
HTC One X memiliki spesifikasi buas, terutama prosesor 1,5GHz quad core Nvidia Tegra 3. Desainnya juga elegan dan sudah memakai Android terkini atau Ice Cream Sandwich. Spesifikasi lainnya seperti layar HD IPS, storage internal 32GB dan kamera 8MP.

3. Huawei Ascend D Quad
Huawei Ascend D jadi smartphone pertama Huawei dengan prosesor quad core buatan sendiri. Prosesor 1,2GHz K3V2 diklaim membuat Ascend D Quad memiliki performa tercepat dibanding Android dengan teknologi sejenis. Handset ini juga memiliki layar 4,5 inch HD yang cemerlang.

4. LG Optimus 4X HD
Kehadiran Optimus 4X HD meramaikan perang ponsel quad core di MWC 2012. Ya, handset andalan baru dari LG ini ditenagai oleh prosesor quad core 1,5GHz tegra 3 yang menjanjikan performa ngebut, masih ditambah grafis GeForce.

5. LG Optimus Vu
LG Optimus Vu hadir untuk menyaingi Samsung Galaxy Note dan tampaknya akan memberikan perlawanan berarti. Layar 5 inch di ponsel ini sudah beresolusi HD. Spesifikasi lainnya seperti prosesor dual core Snapdragon dan kamera 8MP.

6. Nokia 808 PureView
Nokia menyita perhatian besar di MWC 2012 dengan 808 Pureview, sebuah ponsel dengan kamera resolusi 41MP. Gambar yang dihasilkannya memang memukau. Akan tetapi spesifikasi lainnya terhitung biasa saja untuk ukuran smartphone masa kini.

7. Orange Santa Clara
Smartphone ini cukup menyita perhatian terutama karena ditenagai prosesor Intel Medfield 1,6GHz. Ya, kedatangan handset ini menunjukkan keseriusan Intel membuat prosesor mobile yang selama ini didominasi oleh ARM.

8. Panasonic Eluga
Panasonic Eluga menandai kedatangan Panasonic ke pasar ponsel di Eropa. Handset ini cukup menonjol, terutama karena tahan air dan bodinya sangat tipis

9. Samsung Galaxy Beam
Galaxy Beam bukan hanya berfungsi sebagai smartphone, tetapi juga proyektor. Ya, di dalam bodinya yang cukup mungil, Samsung menambahkan fitur proyektor di bagian atas bodi ponsel. Katanya, kualitas gambar yang dihasilkan via proyektor ini cemerlang.

10. Sony Xperia P
Xperia P adalah salah satu smartphone high end terbaru Sony yang dikeluarkan setelah mereka berpisah dengan Ericsson. Bodinya berkelas dengan balutan alumunium. Spesifikasinya seperti prosesor dual core 1GHz dan layar resolusi 540x960. (Sumber : Detikinet)

Smartphone terbaik di ajang CES 2012

Berikut adalah 5 ponsel pintar terbaik di ajang pameran CES 2012 versi The Next Web.

1. Nokia Lumia 900
Gadget yang kehadirannya ditunggu-tunggu sejak akhir 2011 ini hadir dengan dua warna, cyan dan hitam. Layarnya berukuran 4,3 inci dan mengusung teknologi clear black display (CBD) untuk menghalau pantulan cahaya yang datang.

Berbekal teknologi long term evolution (LTE) 4G dan sistem operasi Windows Mobile, Lumia 900 dapat digunakan membuka aplikasi Tango untuk video chatting, ESPN, CNN, dan Nokia Drive yang merupakan aplikasi navigasi dari Nokia.

2. Samsung Galaxy Note
Samsung Galaxy Note bukan sekadar komputer tablet, tapi ini juga sebuah ponsel pintar dengan sistem operasi Android Gingerbread.

Memang lebih besar dari kebanyakan ponsel, ukuran layarnya saja 5.3 inci dan menggunakan layar berteknologi Super AMOLED buatan Samsung. Galaxy Note dilengkapi pula dengan stylus.

3. Motorola Droid 4
Motorola Droid 4 hadir dengan papan ketik geser di ajang pameran CES 2012, dan memakai prosesor berinti dua berkecepatan 1,2GHz dan menggunakan teknologi LTE 4G.

Sistem operasinya mendukung Android Gingerbread versi 2.3.5, tapi dapat diperbarui dengan Ice Cream Sandwich (versi 4.0).

4. HTC Titan II
Ponsel yang satu ini bersistem operasi Windows Mobile dan mendukung teknologi LTE. Kamera beresolusi 16MP yang dipasang di dalamnya memungkinkan gambar yang tampak pada layar berukuran 4,7 inci terlihat tajam.

HTC Titan II menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S2 berkecepatan 1,5GHz.

5. Sony Xperia Ion
Xperia Ion adalah ponsel pintar pertama buatan Sony yang mengusung teknologi LTE. Dengan layar sentuh berukuran 4,6 inci, setiap gambar akan terlihat kontras dan kaya akan warna.

Meski masih ada sedikit noise, gambar yang tampak pada layar tetap nyaman dilihat. Fitur pada ponsel ini adalah kamera dengan resolusi 12 MP, layanan video dan music unlimited dari Sony, slot HDMI, serta koneksi nirkabel. (Sumber : Media Indonesia)

Cara memilih smartphone yang terbaik

Daftar smartphone yang dianggap terbaik sudah diberikan, tapi banyak juga yang masih tetap kebingungan dalam memilih smartphone. Habis semuanya baik, sih. Untuk mudahnya ikuti cara berikut ini : 

1.  Tentukan Kriteria. Yaitu apa saja yang harus bisa dilakukan sebuah smartphone incaranmu, buat daftarnya. Misalnya layarnya cukup lebar atau tidak, touchscreen atau tidak dan lain-lain.

2.  Buat pilihan-pilihan. Mengumpulkan smartphone yang memiliki sebagian atau semua kriteria di daftar tersebut.

3.      Menentukan pilihan berdasarkan perbandingan antara kriteria satu dengan kriteria yang lain. 

Memilih smartphone terbaik ribet ya ? Tentu saja, karena sejatinya kebutuhan setiap orang pada smarthone berlainan. Intinya, janganlah memilih jenis atau merek smartphone hanya karena ikut-ikutan semata.  Lebih baik melakukan beberapa perhitungan yang sedikit ribet dan melelahkan dalam memilih smartphone, daripada mengikuti selera orang lain yang belum tentu cocok dengan kebutuhan kita.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan.

Template by Trikmudahseo - Powered by Blogger