Kelebihan dan Kekurangan Gadget Layar Sentuh


Kelebihan dan kekurangan gadget layar sentuh

Kelebihan dan kekurangan gadget layar sentuh

Teknologi layar sentuh (touchscreen) sedang menyihir para pengguna gadget di berbagai negara. Sejumlah vendor besar, seperti Apple, Samsung, Sony dan Nokia, pun tak menyia-nyiakan trend baru ini. Mereka membanjiri pasar dengan produk gadget berteknologi layar sentuh. Kepopuleran layar sentuh secara perlahan menggeser Qwerty yang sempat mendominasi model handphone selama beberapa tahun terakhir.

Layar sentuh memang menawarkan alternative baru dalam pengoperasian sebuah gadget. Cukup dengan sentuh dan usap, orang yang awam dan gaptek sekalipun bisa mengoperasikan sebuah gadget. Selain mudah dipelajari, alternative pengoperasian seperti ini juga lebih personal dan human.

Dalam setiap produk teknologi selalu ada kelebihan dan kekurangan. Demikian pula halnya dengan teknologi layar sentuh. Hmm, … apa saja ya kelebihan dan kekurangan teknologi layar sentuh ini ?

Kelebihan gadget layar sentuh

Ukuran layar lebih luas

Kelebihan utama gadget dengan teknologi layar sentuh adalah ukuran layarnya yang lebih luas dibandingkan dengan gadget tipe keypad. Karena, hampir semua fungsi keypad diambil alih oleh layar sentuh tersebut. Gadget dengan layar sentuh memang biasanya hanya menyisakan sedikit tombol saja seperti tombol on / off, serta tombol menerima dan menutup panggilan telepon. Atau malahan tidak menyisakan tombol sama sekali.

Dengan ukuran layar yang lebih luas, mata pengguna bisa lebih nyaman saat menikmati video, games ataupun saat berselancar di internet.

Kualitas layar lebih bagus

Kelebihan lainnya dari gadget dengan teknologi layar sentuh adalah kualitas layarnya yang rata-rata lebih bagus. Kualitas layar adalah pertaruhan bagi gadget dengan layar sentuh. Ini bisa dipahami mengingat layar adalah “etalase” yang akan dinilai pertama kali oleh konsumen sebelum ia menjatuhkan pilihan. Sekarang ini bahkan teknologi layar sentuh sudah jaug lebih maju lagi dengan layar super amoled dan lapisan gorilla glass.

Desain lebih kompak

Apakah gadget yang mengadopsi layar sentuh desainnya lebih menarik ? Belum tentu. Situs ini lebih memilih istilah “kompak” dibanding dengan istilah “menarik”. Kenapa ? Sebab, istilah “menarik” maknanya sangat personal. Artinya menarik buat seseorang belum tentu menarik untuk orang lain. Selain itu, dengan hanya menyisakan satu atau dua tombol saja, gadget yang mengadopsi layar sentuh kesannya lebih padu dan kompak.

Sebaiknya Anda jangan memilih gadget yang mengadopsi teknologi layar sentuh hanya karena alasan desain. Kecuali kalau Anda seseorang yang memang mengikuti tren gaya terkini, maka memiliki gadget dengan layar sentuh akan menjadi nilai tersendiri.

Pengoperasian yang lebih human

Mengoperasikan gadget dengan cara menyentuh dan mengusap terkesan lebih human, dibandingkan pengoperasian dengan menekan atau memencet tombol keypad. Kita seolah-olah berhadapan dengan sebuah benda yang memiliki indera peraba, bukan ?

Kekurangan gadget layar sentuh

Biaya perbaikan yang mahal

Mengoperasikan gadget layar sentuh harus ekstra hati-hati. Jika ceroboh, itu bisa merusak layar touch screen gadget tersebut. Misalnya baret, lecet, layar kurang sensitive, atau fungsinya tidak optimal.

Jika layar sentuh sudah rusak, maka biaya perbaikan yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Dan pasti lebih mahal jika dibandingkan dengan kerusakan pada keypad biasa.

Sensitivitas layar

Kadang-kadang virtual keypad QWERTY yang ada pada gadget touchscreen tak bereaksi ketika kita menekan sebuah huruf. Jelas ini merupakan masalah tersendiri bagi siapapun. Masalah sensitifitas layar adalah salah satu kekurangan pada gadget touchscreen.

Baterai lebih boros

Gadget layar sentuh memiliki ukuran layar yang lebih luas. Semakin luas layar, maka membutuhkan proses komputasi yang lebih banyak. Hal ini berimbas pada penggunaan tenaga baterai yang lebih boros.

Masalah akurasi

Gadget touch screen kurang fleksibel untuk beberapa jenis input tertentu, misalnya dalam menulis email atau SMS. Seringkali jari tangan menutupi tampilan visual, sementara  ukuran ikon justru relatif lebih kecil. Pertanyaannya, ini persoalan ikon yang kekecilan atau kah jari kita yang kegedean ?

Akhirnya, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan gadget dengan teknologi layar sentuh. Setiap produk teknologi memang selalu mempunyai dua sisi : kelebihan dan kekurangan. Yang lebih penting adalah bagaimana sebuah gadget bisa melengkapi dan memudahkan kita dalam beraktifitas sehari-hari, betul ? 


Hubungi Kami

Name

Email *

Message *