Pertimbangan Sebelum Membeli Tablet Android Yang Bagus

tablet android bagus

Pertimbangan Membeli Tablet Android Bagus


Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan tentang tablet android sebelumnya, klik disini. Dengan digunakannya sistem operasi Android pada smartphone dan tablet, sekarang harga kedua gadget pintar itu cenderung lebih murah. Demikian pula minat konsumen pada smartphone serta tablet android meningkat pesat seperti pesatnya peningkatan minat konsumen dahulu pada ponsel biasa.

Khusus tablet android, di pasaran saat ini tersedia berbagai macam pilihan merk, seperti Samsung, LG, HTC, Sony dll. Masing-masing produsen menawarkan produk dengan spesifikasi yang berbeda, mulai dari ukuran layar, fitur andalan hingga ke harga jual. Banyaknya pilihan membuat konsumen dihadapkan pada tantangan untuk memilih tablet android murah tapi kualitasnya bagus.   

Tablet berbasis Android OS banyak disuka lantaran cenderung lebih murah dibandingkan yang berbasis OS lain. Meski demikian konsumen memiliki kebutuhan dan preferensinya yang berbeda-beda. Pada sisi lain di pasaran tersedia berbagai macam pilihan tablet android yang bagus. Bagaimana caranya agar kita mendapatkan tablet yang paling bagus dan sesuai tapi harganya cukup murah ? Apa saja yang menjadi pertimbangan sebelum membeli tablet ? Berikut ini adalah beberapa pertimbangan diantaranya : 

1.    Layar (screen). Sebagai sebuah interface, peranan layar pada tablet (dan juga smartphone layar sentuh lainnya) sangat penting, yaitu sebagai media untuk mengoperasikan gadget pintar tersebut. Dan seperti halnya ukuran pada monitor komputer dan televisi, maka ukuran layar pada sebuah tablet adalah panjang dari salah satu sudut terhadap sudut yang lain secara diagonal. Layar tablet bervariasi dari sekitar 7 – 10 inch.

Semua ukuran layar maupun resolusi pixel-nya telah disesuaikan untuk pemakaian sehari-hari. Tablet high end biasanya sangat memperhatikan layar dan resolusinya, karena hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan tablet. Terutama ketika kegiatan user berkaitan dengan grafis ataupun menonton video. Semakin tinggi resolusinya maka semakin baik, dan biasanya harganya juga tidak murah.   

2.    Processor. Dengan tablet android yang bagus kita bisa melakukan banyak hal, seperti browsing internet, video streaming, update jejaring sosial, menerima atau berkirim email, merekam foto dan video, bermain game, dan lain-lain. Untuk menjalankan pekerjaan tersebut setidaknya tablet harus memiliki processor dual core, yaitu agar tugas yang berbeda bisa dilakukan secara bersamaan. Sehingga kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. 

Processor yang bagus harganya mungkin tidak murah, tapi itu sebanding dengan kecepatan dan kenyamanan yang bakal kita terima. Sangat tidak nyaman bukan jika tablet yang kita pakai “jalannya lelet” alias “lola” atau “loadingnya lama”.

3.    Hard drive dan storage. Seberapa besar ruang penyimpanan (storage) yang Anda butuhkan sangat tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Selain hard drive, tablet biasanya juga menyediakan slot micro SD untuk ekspansi daya simpan, sehingga Anda dapat menambahkan memori penyimpanan jika suatu saat membutuhkan.

Saran kami, saat membeli tablet sebaiknya langsung ditambahkan sebuah kartu memori. Sebab ukuran maupun jenis kartu memori bisa berubah dari tahun ke tahun, sehingga dikhawatirkan kartu memori yang kompatibel dengan perangkat yang dimiliki kelak susah dicari.

4.    Kamera. Biasanya tablet dilengkapi dengan satu atau dua kamera, yaitu kamera depan dan kamera belakang. Kamera depan bisa digunakan untuk video calling via Skype. Skype adalah aplikasi video calling yang paling populer saat ini. Aplikasi ini bisa di download via market.android.com.

Sedangkan kamera belakang dapat digunakan untuk mengambil foto atau gambar peristiwa tertentu. Walapun mungkin dari segi ukuran perangkat dan kaidah fotografi tidak ideal, namun kamera belakang pada tablet ini tetap berguna pada saat-saat tertentu. Ini terutama karena kemampuannya yang bisa terkoneksi dengan internet sehingga bisa langsung di-upload.    

5.    Aksesoris tablet. Aksesoris tablet yang paling populer adalah keyboard eksternal yang dilengkapi dengan Bluetooth. Selain external keyboard, aksesoris lainnya adalah : casing, screen protector serta docking port. Dengan keyboard eksternal Anda dapat mengoperasikan tablet layaknya sebuah laptop atau notebook.

6.    Ketahanan baterai. Pada dasarnya bentuk tablet yang portable dimaksudkan agar mudah digunakan pada berbagai jenis situasi. Baik di dalam ataupun di luar rumah yang kadang-kadang jauh dari sumber listrik. Karena itu kualitas baterai sangat penting. Konsumsi baterai sangat tergantung dari pola penggunaan gadget tersebut.       

7.    Komunikasi wireless. Tablet dapat terhubung dengan dunia luar melalui Bluetooth, WiFi dan 3G. Serta fitur GPS pada beberapa merk tablet. Semakin lengkap fitur yang dimiliki maka harga jual makin mahal. 

Itulah beberapa pertimbangan sebelum memilih atau membeli tablet android yang bagus dan murah. Semua komponen diatas akan berpengaruh pada kualitas dan harga tablet. Ada banyak ragam tablet di pasaran, semoga Anda mendapatkan tablet yang terbaik dan sesuai. 

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *