10 Hard Disk External Terbaik 2014 + Review

hard disk eksternal terbaik

Review 10 Hard Disk External Terbaik 2014


Hard disk external atau external hard drive merupakan media penyimpan data dalam skala besar dan bersifat mobile. Biasanya digunakan untuk mem-back up seluruh data yang tersimpan di laptop maupun desktop, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki, seperti laptop atau desktop hilang dicuri orang, rusak dan lain-lain, maka pemilik laptop masih punya data cadangan sebagai pengganti. Dengan demikian pekerjaan tidak begitu terpengaruh.

Di pasaran tersedia bermacam-macam harddisk external dari berbagai merek. Memilih satu hardisk external terbaik dari begitu banyak pilihan tersebut lumayan membingungkan. Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan, seperti kapasitas, harga, kualitas, kehandalan, testimony konsumen, kecepatan transfer data, serta kelengkapan fitur lainnya.  

Berikut ini adalah daftar 10 harddisk external terbaik 2014 serta review singkat mengenai  external hard drive tersebut seperti dilansir Top10thebest.com. 

1.    Silicon Power Rugged Armor A80 1 TB. Gambar hard disk ini adalah seperti yang ada di awal tulisan ini. A80 mungkin merupakan harddisk portable dengan daya tahan terbaik yang ada di pasaran. Hard disk ini dapat tetap bertahan dengan baik walau jatuh dari ketinggian tertentu dan sangat tahan air (water proof). Mendukung USB 3.0 dan USB 2.0 dan dilengkapi software gratis. Desain casing eksteriornya simple dan stylish.  

Tangguhnya Silicon Power Rugged Armor A80 bisa disimak dari video berikut ini :


hard disk external terbaik Armor A15

2.    Silicon Power Rugged Armor A15. Silicon Power mungkin hanya sebuah perusahaan kecil jika dibandingkan dengan beberapa produsen hard disk eksternal lain. Namun harddisk external keluaran mereka punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya yaitu soal daya tahan produk. Armor Rugged produksi mereka memenuhi uji drop test standar militer. Armor A15 kompatibel dengan USB 3.0 dan dapat bertahan meski terjatuh pada beton. Hard disk ini punya bentuk yang kompak dengan kapasitas simpan 1 TB.

wd my passport slim 2tb
3.    Western Digital My Passport Slim 2TB. Western Digital merupakan merk favorit bagi banyak orang. My Passport Slim nampak sengaja dibuat dengan mengedepankan daya tahan. Casing luar hard disk ini dibuat dari bahan metal yang memberikan perlindungan langsung. Bentuknya telah banyak dikurangi agar lebih sesuai dan bisa masuk saku. Support USB 3.0 dan USB 2.0, dilengkapi dengan software back up dan aplikasi mobile gratis, garansi 3 tahun, dan seperti biasa pelanggan harddisk external Western Digital diberi kantong yang lembut untuk menyimpan hard disk.

4.    Toshiba Canvio Slim II 1TB. Canvio Slim II mungkin merupakan salah satu external hard disk paling kompak yang tersedia di pasaran. Ukurannya hampir sama dengan ukuran rata-rata smartphone termasuk bentuknya yang slim. Dibungkus dengan casing aliminium, didalamnya tersemat 2.5 inch drive yang bisa beroperasi dengan daya kecil via USB. Paketnya dilengkapi dengan berbagai alat dan aplikasi. Misalnya aplikasi untuk mengakses hard drive via internet asal terhubung dengan komputer yang menjalankan. Untuk proteksi data Canvio Slim II dilengkapi dengan enkripsi 256 bit. Garansi 3 tahun.

harddisk eksternal toshiba canvio 1tb
5.    Toshiba Canvio 1.0 TB. Canvio 1.0 adalah hard disk berkapasitas 1TB dengan harga terjangkau, namun tetap memenuhi fitur yang paling dibutuhkan. Dilengkapi dengan shock sensor, hard drive ini dioperasikan dengan cara plug and play, dan garansi 1 tahun. Jika dilihat dari casing-nya hard drive ini mungkin kurang menarik, tapi dari segi harga jelas sangat menggiurkan. Canvio 1.0 merupakan produk yang direkomendasikan untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas tapi menginginkan fitur yang reasonable.  

6.    G-Technology G-Drive. Harddisk external 1TB yang bentuknya kecil dan kompak ini digadang-gadang kompatibel dengan Windows dan Mac OS. G-drive menggunakan standar hard drive 2.5 inch dan berjalan pada 7200 RPM yang memungkinkannya mentransfer data dengan cepat, dengan menggunakan port USB 3.0. Karena menggunakan  2.5 drive maka ia tidak memerlukan power adaptor tambahan, namun cukup dengan supply power via USB.

7.    Western Digital My Passport Studio. My Passport Studio adalah salah satu produk langka yang banyak dicari. Hard drive ini tidak support USB 3.0 namun datang dengan dukungan FireWire. Secara teori port FireWire jauh lebih cepat dari USB 2.0 namun unit ini jadi terbatas pada saat mentransfer kecepatan karena drive-nya yang mekanis. Dari segi harga external hard drive ini relative lebih mahal, namun jika harus menggunakan port FireWire maka tipe ini bisa menjadi pilihan.

wd my passport ultra 2tb
8.    Western Digital My Passport Ultra. Western Digital merupakan salah satu produsen utama peripheral komputer. Teknologi penyimpanan data mereka digunakan oleh sebagian besar pengguna laptop ataupun desktop. Seri My Passport adalah lini produk mereka yang sangat sukses. Diantaranya versi 2TB adalah yang paling direkomendasikan karena dari segi harga tidak jauh beda dengan versi 1TB yang dikeluarkan oleh produsen lain. Dengan My Passport Ultra, Western Digital menawarkan solusi backup dan penyimpanan awan.    

hard disk external terbaik Seagate 5TB
9.    Seagate Backup Plus 5TB. Nama Seagate sangat familiar dengan urusan simpan-menyimpan data. Seagate Backup Plus 5TB merupakan bagian dari kelompok produk yang sama seperti halnya versi 2TB (lihat poin 10 dibawah), tetapi dengan beberapa perbedaan. Yang pertama adalah soal kapasitasnya yang sangat besar, yaitu 5 kali rata-rata daya simpan komputer canggih. Itulah mengapa hard disk eksternal ini harganya mahal. Hard disk ini support USB 3.0 dan perlu sumber daya eksternal untuk mengoperasikanya. Dilihat dari segi ukuran ia tidak begitu portable.

10.    Seagate Backup Plus 2TB. Hard disk ini menawarkan banyak ruang simpan, software backup, dan desain yang cukup bagus. Support USB 3.0 dan untuk pengoperasiannya perlu mengunakan adaptor.    

Dimana mencari hard disk eksternal yang terbaik ?

Salah satu tempat untuk mendapatkan hard disk eksternal yang terbaik adalah dengan membelinya dari toko komputer yang terpercaya. Bisa toko komputer off line ataupun toko online. Jika Anda ingin mencari hardisk eksternal bagus dan berkualitas secara online, Silakan Klik Disini, salah satunya mungkin cocok untuk Anda.

Itulah daftar 10 hard disk external terbaik 2014 serta sedikit review-nya. Semoga bermanfaat.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *