Tips Membeli Monitor Komputer Yang Bagus dan Sesuai

Monitor komputer yang bagus dapat meningkatkan produktifitas   

Saya kira kita semua setuju bahwa monitor komputer yang bagus dan sesuai kebutuhan akan menunjang pekerjaan di kantor ataupun di rumah. Monitor komputer yang Anda miliki sekarang mungkin dibeli bersamaan dengan CPU-nya dahulu, dan Anda merasa bahwa monitor tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan pekerjaan.

monitor komputer yang bagus

Nah, jika Anda ingin membeli monitor baru ataupun meng-upgrade monitor lama dengan yang baru, maka berikut ini adalah tips dalam memilih dan membeli monitor komputer yang bagus.

#1. Harga monitor

Harga selalu menjadi pertimbangan pertama dalam membeli apapun, dan itu bisa dimaklumi. Harga monitor tergantung pada tipe, ukuran dan fitur layar. Misalnya makin besar ukuran, fitur lebih lengkap, atau tipe LED yang lebih maju dari LCD maka harganya juga lebih mahal. Jadi siapkan budget ekstra jika ingin mendapatkan monitor dengan spek lebih berkualitas. Untungnya saat ini harga monitor komputer semakin turun.

#2. Ukuran monitor

Ukuran monitor LCD dan LED berada pada rentang 15 inch – 32 inch, dan panel diukur secara diagonal. Ukuran monitor yang lebih besar sering dianggap lebih baik, walaupun mungkin tidak praktis mengingat kendala di ruang desktop. Selain itu ukuran monitor selalu berbanding lurus dengan harganya.

Jika Anda banyak bekerja dengan aplikasi MS Words atau Excel, monitor komputer ukuran 17 – 19 inch sudah cukup ideal. Jika Anda menginginkan kepuasan dalam menonton film ataupun untuk gaming, monitor ukuran 27 inch bisa menjadi pilihan. Jika Anda membutuhkan set-up dual monitor dengan layar tunggal maka monitor ukuran 29 inch atau lebih layak menjadi pertimbangan.

#3. Resolusi monitor

Resolusi adalah ukuran piksel atau titik pada layar. Resolusi yang lebih tinggi atau piksel yang lebih banyak, direkomendasikan untuk ukuran monitor yang lebih besar atau jika menginginkan lebih banyak detail. Saat ini untuk monitor 17 inch – 19 inch resolusi yang umum adalah 1280 x 1024. Resolusi ini cocok untuk sebagian besar penggunaan. Ukuran monitor yang populer saat ini adalah 19 inch. Jika Anda mencari monitor komputer yang bagus diatas 21 inch, maka perhatikanlah bahwa resolusi monitor menjadi semakin penting artinya.

#4. Rasio kontras (contrast ratio)

Pengertian rasio kontras atau contrast ratio adalah perbedaan ukuran antara warna putih paling terang yang bisa dihasilkan monitor dengan warna hitam yang paling gelap. Rasio kontras yang sering ditemukan pada monitor LCD adalah 700:1. Kontras rasio yang lebih tinggi seperti 2000:1 mungkin lebih baik untuk film atau pekerjaan yang membutuhkan penggunaan warna-warna yang sangat gelap, misalnya video editing.

Untuk komputer rumah atau komputer bisnis, penggunaan rasio kontras 700:1 sudah sangat baik.

#5. Waktu respons (response time)

Waktu respons pada monitor LCD adalah pengukuran (dalam satuan milidetik / milliseconds) tentang seberapa cepat masing-masing piksel mampu merespon perubahan warna. Umumnya monitor dengan response time yang lebih lambat dari 16 ms dianggap jelek, karena akan terjadi blur manakala objek yang bergerak cepat melintas di layar, seperti pada film action. Monitor komputer keluaran baru umumnya memiliki response time minimal 8 ms, bahkan ada yang sampai 2 ms. Waktu respons 8 ms sudah termasuk nyaman untuk bermain game.

#6. Tingkat kecerahan

Monitor LCD dan (apalagi) monitor LED sekarang ini punya tingkat kecerahan yang sangat baik. Tingkat kecerahan dengan 250 nits adalah yang paling umum dan direkomendasikan untuk sebagian besar penggunaan.

#7. Pilih koneksi DVI

Ada dua jenis koneksi yaitu D-Sub dan DVI.

Nonitor CRT lama memiliki koneksi D-Sub basic yang menggunakan sinyal analog untuk keperluan transmit dari system computer. Monitor LCD ada juga yang memiliki koneksi D-Sub. Namun, monitor LCD baru menawarkan koneksi DVI (digital video interface) yang menggunakan sinyal digital untuk transmit dari PC ke monitor. Koneksi DVI lebih aman dari gangguan.

Monitor komputer yang bagus untuk keperluan editing dan grafis, disarankan menggunakan koneksi DVI, agar mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik tanpa gangguan ataupun blur.

#8. Pertimbangan sudut pandang (viewing angle)

Monitor LCD punya keterbatasan dalam hal sudut pandang. Secara sederhana pengertian sudut pandang (viewing angel) disini adalah sudut yang memungkinkan Anda masih bisa melihat gambar sebelum gambar akhirnya menghilang atau menjadi gelap.

Jika monitor LCD Anda memiliki sudut pandang rendah (antara 120° – 130°) maka jika dilihat dari samping gambar di layar akan tidak jelas atau tidak terlihat.

Viewing angel dinyatakan dalam derajat horizontal dan vertical. Jika monitor Anda memiliki sudut pandang 160/130 berarti sudut pandang horizontal = 160°, dan sudut pandang vertical = 130°. Umumnya sudut pandang vertical tidak sepenting sudut pandang horizontal.

Untuk monitor LCD yang bagus, sudut pandang horizontal yang direkomendasikan adalah 160° atau lebih.

#9. Tentang speaker built in 

Beberapa monitor LCD ada yang dilengkapi speaker kecil built in yang memungkinkan pengguna computer di rumah dan di kantor menghemat ruang tanpa harus menggunakan speaker meja. Speaker kecil built in ini mungkin bisa dipakai untuk mengetahui ada tidaknya vocal atau suara, tapi tidak bagus untuk volume tinggi.

Baca juga : Panduan Memilih Mouse Gaming Yang Bagus

Pertimbangan lain

Akhirnya sebelum Anda memutuskan untuk membeli monitor baru, pastikan juga tipe penggunaan monitor tersebut nantinya seperti apa ? Apakah akan digunakan sebagai monitor multimedia, monitor gaming, untuk menonton film atau tv, ataukah hanya untuk keperluan administratif seperti Words dan Excel. Pertimbangan-pertimbangan semacam ini akan menentukan waktu respon yang Anda butuhkan, contrast ratio yang cocok, viewing angel, dan bahkan ukuran monitor yang harus Anda pilih.

>>> Aneka monitor komputer bagus dan berkualitas : silakan klik disini

Itulah beberapa tips memilih dan membeli monitor komputer yang bagus dan sesuai. Jika Anda memiliki tips yang lain silakan menambahkan.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *