Kelebihan Monitor LED Dari Monitor LCD

Teknologi berkembang dengan kecepatan eksponensial, yang mendorong teknologi yang sudah ada menjadi cepat usang. Termasuk teknologi layar komputer. Jika beberapa waktu yang lalu monitor LCD seakan-akan menjadi pilihan default untuk kebutuhan monitor komputer, sekarang ada lagi monitor LED yang memiliki kelebihan dalam hal konsumsi daya yang lebih hemat listrik dan kualitas gambar yang lebih akurat.

perbedaan monitor LCD dan LED

Mata adalah organ yang tidak tergantikan. Jika Anda adalah tipe orang yang banyak bekerja di depan monitor komputer, maka sudah sewajarnya jika indera mata tersebut harus di lindungi. Salah satu caranya adalah dengan memilih monitor computer yang lebih lembut di mata. Sehingga, indera penglihatan kita mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik.

Dalam memilih layar komputer, banyak orang yang bingung antara memilih monitor LCD (Liquid Crystal Diode) atau monitor LED (Light Emitting Diode). Mana yang lebih baik diantara keduanya ? Atau jika pun sudah menjatuhkan pilihan, konsumen tetap banyak yang bingung dengan perbedaan antara monitor LED dan LCD.

Baca juga : Tips Membeli Monitor Komputer Yang Bagus

Kelebihan monitor LED dari LCD


Berikut dibawah ini adalah perbedaan utama antara monitor LED dan LCD, serta kelebihan monitor LED dari LCD.

Pada dasarnya LED dan LCD dikembangkan diatas basic teknologi yang sama, namun berbeda dalam hal pencahayaannya (backlighting). LCD menggunakan apa yang disebut sebagai CCFL (cold cathode fluorescent lamps) sedangkan LED menggunakan cahaya emitting diode. Itulah perbedaan utama diantara kedua teknologi display tersebut.

Bisa dikatakan bahwa LED adalah penyempurnaan atau pengembangan lebih lanjut dari LCD. Jadi jelas layar LED lebih unggul dari LCD. Nah, secara lebih spesifik, kelebihan monitor LED dari monitor LCD adalah sebagai berikut.

1. Warna lebih akurat

Masalah mendasar yang selama ini ada pada layar tv LCD adalah ketidakmampuan layar LCD menampilkan warna hitam-putih secara benar. Kekurangan tersebut dikoreksi oleh monitor LED dengan menampilkan warna hitam dengan rasio kontras yang lebih tinggi. Semakin tinggi rasio kontras berarti warna yang dihasilkan semakin akurat.

2. Lebih hemat listrik (EnergyStar)   

Jika monitor LCD diakui 40 % lebih hemat energi dari pada layar jadul tipe CRT (cathode ray tube), maka layar LED jauh lebih hemat lagi yaitu 20 % lebih hemat dari LCD. Ini membuat LED monitor mendapat pengakuan resmi sebagai monitor hemat energy (EnergyStar). Karena itu monitor LED banyak digunakan secara massal di kantor pemerintah maupun swasta.  

3. Lebih lembut dan nyaman untuk mata

Monitor LED merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang sehari-harinya berkutat dengan layar computer atau layar tv, karena lebih lembut dan nyaman di mata. Monitor LED juga lebih ramah lingkungan (eco-friendly), karena tidak menggunakan bahan merkuri selama proses pembuatannya.

Kekurangan Monitor LED


1. Harga monitor LED relatif lebih mahal daripada LCD monitor

2. Jika posisi duduk Anda miring dengan sudut tertentu terhadap layar, gambar di layar kurang jelas. Untuk itu produsen pun memperbaiki masalah ini dengan mengembangkan teknologi anti-glare.

Kesimpulan :  

Jika Anda adalah pengguna computer biasa yang tidak membutuhkan kualitas imaging yang sempurna, maka kelebihan layar LED dari LCD tidak berpengaruh secara signifikan.

Tapi jika Anda membandingkan monitor LCD dan monitor LED dari perspektif pengguna komputer yang bekerja berjam-jam di depan layar, atau untuk kenyamanan bermain game, atau untuk digunakan pada aplikasi grafis, maka LED monitor adalah pilihan yang tepat. Karena monitor LED punya beberapa kelebihan dari layar LCD. Diantaranya memberikan warna yang lebih akurat, lebih nyaman serta gradasi warna yang lebih baik.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *