Bagaimana Cara Memilih Modem Terbaik

Cara memilih modem terbaik

Bagaimana cara memilih modem yang terbaik ?

Indonesia adalah negara dengan pengguna internet ke-lima terbesar didunia. Seiring dengan perkembangan dunia internet itu, maka produk yang berkaitan seperti laptop dan modem juga berkembang pesat. Modem merupakan sebuah alat (hardware) yang menjadi penghubung antara komputer dengan jaringan internet. 

Bahwa modem merupakan kebutuhan utama bila ingin mendapatkan koneksi internet, itu jelas. Karenanya kita perlu modem yang baik, bila mungkin malahan modem terbaik. Modem yang baik bukan saja bagus bagi koneksi internet yang dihasilkan, namun juga membawa kenyamanan dalam pekerjaan. Bukankah kita tidak ingin pekerjaan terganggu gara-gara koneksi internet yang terputus-putus akibat modem yang tidak baik ?

Nah, di pasaran terdapat begitu banyak jenis dan merk modem dijual. Masing-masing modem memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagaimana kita memilih modem terbaik dari begitu banyak pilihan ? Adakah cara terbaik untuk memilih modem ?

Memilih modem terbaik dari segi kualitas

Kualitas sebuah modem akan menentukan baik atau tidaknya modem tersebut. Biasanya beda merek dan beda harga berarti juga perbedaan dalam kualitas modem serta koneksi internet yang dihasilkan. Meskipun bisa diperdebatkan, harga sebuah modem biasanya memang mencerminkan kualitas yang dimilikinya.

Terlepas dari soal harga modem, inilah beberapa hal yang mestinya jadi pertimbangan dalam memilih modem yang baik

Pertama, tentukan dulu jenis modem. Ada dua pilihan yaitu modem GSM dan modem CDMA. Kalau anda cenderung mobile atau sering berpindah-pindah tempat, maka modem GSM lebih tepat karena jaringan GSM lebih merata. Sedangkan kalau anda cenderung menetap di satu tempat, maka modem GSM atau CDMA sama bagusnya tergantung sinyal mana yang lebih kuat. Intinya, menentukan pilihan modem GSM ataukah CDMA adalah berdasarkan kualitas jaringan. 

Kedua, spesifikasi modem. Pertimbangkan memilih modem yang kaya fitur, misalnya mendukung kecepatan 3.6 Mbps dan 7.2 Mbps, ada slot Micro SD Card, USB Extension, Wireless LAN (Wifi), GPS, dan lain-lain. Tapi bila anda tidak begitu memerlukan fitur tambahan yang diberikan, sebaiknya memilih modem yang spesifikasinya standar saja.

Ketiga, garansi modem. Sebelum membeli modem, lihat dulu ada garansinya tidak ? Karena, dalam membeli sebuah barang elektronik faktor garansi adalah mutlak. Bila mungkin carilah garansi resmi, atau setidaknya garansi distributor. Tanyakan juga kemungkinan garansi ganti barang dan bukan sekedar garansi servis. Jangka waktu garansi yang lebih lama tentu semakin bagus.

Keempat, software modem. Setiap modem disertai dengan software untuk mengkonfigurasi setting-an internet. Ada modem yang setting-an internetnya bisa dimodifikasi. Ada juga yang setting-annya tidak bisa dimodifikasi lagi alias modem locked.
 
Bila anda suka gonta-ganti kartu SIM card, pilih modem yang setting-annya mudah dan tidak terkunci oleh provider tertentu. Bila sebaliknya, maka pilih modem bundling atau modem terpaket dengan salah satu provider internet.

Kelima, reputasi penjual. Bila anda hendak membeli secara online, maka anda perlu selektif dalam memilih penjual. Sebaiknya pilih penjual yang juga memiliki toko off line. Sebab, hal itu akan mempermudah bila ada klaim garansi. Toko off line sedikit banyak juga berarti keberadaan penjual yang lebih jelas. Keberadaan pemilik website juga perlu dipertimbangkan. Untuk mengeceknya silakan cek dengan whois.com.  Selain itu reputasi website tersebut di forum online bisa menjadi pertimbangan.

Beberapa brand atau merek modem yang populer di Indonesia banyak dipakai sebagai bundling operator besar. Namun, branded atau tidak, apapun modem yang anda pilih, pastikan itu merupakan modem terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Yaitu modem yang mendukung pekerjaan anda karena kualitas koneksi internet yang dihasilkannya.


2 Responses to "Bagaimana Cara Memilih Modem Terbaik"

  1. Thanks untuk tipsnya, perlu diterapin.

    ReplyDelete
  2. Wah Makasih Post Anda Membantu Jangan Lupa Kunjungi Juga Blog Ku ^^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *