Kiat Memilih dan Membeli iPhone Bekas


Kiat memilih dan membeli iPhone bekas

Kiat Memilih dan Membeli iPhone Bekas

Vendor seperti Apple identik dengan produk gadget yang berkelas. Produk keluaran mereka banyak yang menjadi trendsetter di dunia. Sebut saja iPhone. Karena berkelas, maka gadget keluaran Apple banyak dicari dan harganya pun relative lebih mahal. 

Tapi jangan khawatir, bila Anda berniat memiliki sebuah smartphone seperti iPhone, sementara dompet terbatas, tidak ada salahnya jika memilih iPhone bekas. Sudah barang tentu Anda perlu berhati-hati dalam memilih iPhone bekas tersebut. Jangan sampai Anda tertipu hanya karena harganya murah.   

Sebelum membeli iPhone bekas, Anda harus mengecek kondisi iPhone bekas berikut perlengkapannya secara cermat. Lakukan pengecekan standar, misalnya kondisi fisik dan dan software secara umum. Jika oke, teruskan dengan mengecek lebih mendalam iPhone yang akan Anda beli itu.
Berikut beberapa kiat yang mungkin berguna dalam memilih dan membeli iPhone bekas

Pertama, cek keaslian iPhone bekas

Mengecek apakah iPhone yang akan Anda beli itu asli atau palsu sangat penting. Pengecekan dimulai dari kondisi fisik, Serial Number dan Imei, sampai fitur-fitur yang ditawarkan. Bawa data spesifikasi resminya, lalu cocokkan dan coba semua fitur yang ada pada iPhone bekas itu apakah sesuai atau tidak.

Kedua, cek SU dan atau FU

SU atau Sim Unlocked artinya iPhone tersebut hanya bisa di gunakan dengan SIM CARD dari negara asalnya. Biasanya iPhone dibundling dengan provider seperti AT&T. Di Indonesia misalnya Telkomsel dan XL. Jadi kita tidak bisa menggunakan provider lain diluar yang di sim locked tersebut. Untuk dapat menggunakan SIM card dari provider lain, harus melalui proses unlock. Misalnya dengan software ultrasn0w. 

Memang sedikit merepotkan. Tapi keuntungannya, iPhone jenis ini harganya lebih murah.

FU atau Factory Unlocked artinya iPhone tersebut dapat langsung digunakan dengan SIM card apapun. iPhone jenis ini memang dirancang untuk tidak dibundling dengan operator tertentu, jadi kita bisa gonta-ganti kartu Sim sesuka hati. Keuntungan lainnya adalah Push Notification akan berjalan lebih baik.

Jenis FU harganya lebih mahal. Jika punya dana lebih, membeli iPhone jenis FU lebih direkomendasikan.

Ketiga, cek kondisi layar

iPhone adalah gadget yang menggunakan layar sentuh (touch screen) dalam pengoperasian oleh penggunanya. Karena itu kondisi layar mutlak harus di cek. Periksa kondisi layar apakah terdapat dead pixel atau tidak. Coba dengan mengetikan sms dan bermain game di iPhone tersebut. Periksa ada atau tidaknya pergeseran titik tekan kita.

Perlu diingat bahwa layar iPhone sangat sensitif dan nyaman digunakan. Jika tidak responsif, bisa dipastikan layar tersebut rusak atau iPhone yang Anda beli palsu. Anda tentu tidak ingin dibebani biaya tambahan gara-gara layar pada iPhone second Anda bermasalah di kemudian hari, bukan ?

Keempat, cek fitur penting

Beberapa fitur penting juga harus di cek, seperti kamera, speaker, Wi-Fi, bluetooth, dan lain-lain. Jangan sepelekan hal ini karena jika salah satu dari fungsi tersebut mengalami kerusakan, Anda sendiri yang repot.

Kelima, cek dengan aplikasi iTunes

Mengecek keaslian iPhone second bisa dengan menggunakan aplikasi iTunes. Saat membeli iPhone bekas, bawalah laptop yang sudah terinstall aplikasi iTunes. Sambungkan iPhone dengan laptop. Jika terdeteksi oleh iTunes, maka bisa dipastikan iPhone tersebut asli.

Keenam, cek tombol Home

Tombol Home adalah satu-satunya tombol yang ada dilayar depan iPhone. Cobalah tekan tombol Home dengan pelan. Jika terasa kurang nyaman, segera batalkan niat untuk membelinya karena ini adalah tombol penting.

Tombol Home berfungsi untuk kembali ke home screen. Jika ditekan perlahan dan bisa kembali ke home screen, berarti kondisinya masih baik. Hmm, … lanjut.

Ketujuh, tentang micro SD

iPhone hanya menggunakan memori internal. Tidak ada versi iPhone yang menawarkan tambahan memori eksternal seperti micro SD. Jika ada slot micro SD, maka iPhone bekas tersebut patut dipertanyakan. 

Itulah beberapa kiat dalam memilih dan membeli iPhone bekas. Intinya, teliti sebelum membeli. Anda jangan tergiur dengan penawaran harga yang murah. Semoga bermanfaat.


Hubungi Kami

Name

Email *

Message *