Tips Membeli Laptop Untuk Pelajar – Mahasiswa

Tips membeli laptop untuk pelajar dan mahasiswa

Laptop Untuk Pelajar – Mahasiswa

Laptop saat ini ibarat barang “wajib” untuk pelajar dan mahasiswa. Pekerjaan rumah atau tugas kuliah mereka menumpuk, dan banyak diantaranya yang harus dicari via internet. Tentu akan sangat merepotkan jika harus “berbagi” laptop dengan orang lain. Bolak-balik ke warnet, hmmm …, ini jauh lebih merepotkan. 

Meski gadget lain seperti tablet sedang booming, namun keberadaan laptop atau notebook untuk pelajar dan mahasiswa tetap penting. Banyak spesifikasi, fungsi maupun hardware dan software laptop yang tidak ditemukan pada tablet. Keduanya memang dua jenis gadget yang berbeda dan tidak bersifat subtitutif.       

Di pasaran kita mengenal beberapa brand laptop yang terkenal dan bisa dipercaya. Seperti Apple Macintosh, Sony Vaio, Toshiba, Hewlett-Packard / Compaq, Dell, Asus, Lenovo dan lain-lain. Masing-masing brand internasional tersebut memiliki segmen pasar dan keunggulan yang berbeda.
Nah, bagi teman-teman pelajar dan mahasiswa yang berniat membeli laptop, berikut sedikit tips membeli laptop yang mungkin berguna :

Pertama, brand atau merk laptop

Memilih laptop berdasarkan merk, sangat bergantung pada selera individu. Namun, merk laptop yang terkenal biasanya memiliki kualitas perakitan sangat bagus dan memiliki layanan after sales serta service center yang lengkap. Layanan tersebut sangat diperlukan jika laptop mengalami kerusakan. Jika teman-teman tidak mau pusing dengan kerusakan, beli laptop dengan merk terkenal yang laris di pasaran dan mempunyai layanan purna jual bagus. 

Berbeda dengan PC, di laptop hampir tidak ada istilah merk ‘jangkrik’ alias rakitan. Semuanya punya brand alis merk. Karena itu perhatikan merk ini secara cermat. 

Kedua, laptop baru

Harga laptop sekarang semakin murah dan terjangkau. Jadi sebaiknya beli laptop baru. Laptop bekas atau laptop second hand kualitasnya sering meragukan. Selisih harga yang kita peroleh sering tak sebanding dengan kerepotan dikemudian hari. Jika terpaksa membeli laptop second, pastikan itu dibeli dari orang atau toko terpercaya. 

Ketiga, beli laptop di toko terpercaya

Membeli laptop harus dari tempat atau toko yang terpercaya. Ini penting, terutama bagi mereka yang awam soal laptop atau notebook. Carilah informasi pada teman atau sahabat yang sudah pernah membeli laptop.  Mintalah rekomendasi tentang toko mana yang bagus pelayanannya dan jujur dalam jual beli. Jangan mudah percaya pada janji manis para sales toko.

Keempat, garansi laptop

Merk laptop yang baik selalu memiliki garansi resmi. Jangan mau membeli laptop yang tidak ada garansi resminya. Segera batalkan niat membeli jika laptop tersebut garansinya hanya garansi toko. Sebab, itu hanya akan menambah rumit bila kelak berurusan dengan bagian purna jual. 

Setelah kartu garansi resmi didapat, pastikan juga kartu garansi tersebut dikirim ke vendor atau produk tersebut telah terigistrasi.

Kelima, spesifikasi laptop

Beli laptop dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan saja. Jika kebutuhan teman-teman pelajar dan mahasiswa hanya untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, mengetik, internet, wi-fi dan lain-lain maka tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Sebab pasti harganya semakin tinggi juga. 

Keenam, cek kelengkapan laptop

Segera cek kelengkapan laptop yang baru dibeli. Pastikan laptop dalam keadaan tersegel baik luar maupun dalam. Jangan terima jika segel dalam keadaan terbuka. 

Ketujuh, cek dompet

Hmm, cukup jelas. Membeli barang apapun, termasuk laptop, memang harus cek dompet dulu, ‘kan ?

Video bagaimana memilih laptop terbaik dan tepat untuk pelajar - mahasiswa di YouTube



Itulah beberapa tips membeli laptop buat teman-teman pelajar dan mahasiswa. Semoga ada manfaatnya. 


Hubungi Kami

Name

Email *

Message *