Panasonic Lumix DMC-TS4 : Kamera Digital Tahan Air

kamera digital tahan air

Kamera Tahan Air Digital dari Panasonic


Bagi Anda yang suka bepergian, seringkali Anda ingin berfoto di tempat tujuan atau memotret kejadian menarik. Yang Anda butuhkan adalah kamera outdoor tahan air yang mudah dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan bagus. Yaitu kamera yang bagus untuk foto, video maupun fitur tambahan lainnya. Dalam kaitan ini, Panasonic Lumix DMC-TS4 mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Panasonic Lumix DMC-TS4 merupakan kamera saku digital yang didesain khusus untuk penggunaan outdoor alias di luar ruangan. Kamera saku ini didesain shockproof, tahan air, tahan debu dan beku. Ketangguhan kamera digital ini cukup baik, misalnya tahan air hingga kedalaman 10 m, dengan shockproof hingga 2 m, titik beku sampai dengan -10°C dan tahan debu.

DMC-TS4 dengan built-in sistem GPS-nya mampu meng-update satu juta informasi nama tempat, kompas, altimeter dan barometer. Kemampuan tersebut sangat bermanfaat bagi mereka yang aktif di lapangan. Sebagai sebuah kamera tahan air model saku, DMC-TS4 boleh dibilang sangat elegan. Dengan warnanya yang cerah, Anda akan merasa bergaya jika memilikinya.  

Lumix DMC-TS4 adalah kamera tahan air digital, sehingga bisa Anda bawa menyelam dalam air sampai kedalaman maksimal 10 m, dijatuhkan dari ketinggian 3 m, serta dibawa ke gurun maupun padang salju. Ketahanan kamera saku ini mungkin jauh melebihi Anda sendiri.

Dengan kamera digital tahan air ini, Anda dapat memanfaatkan altimeter untuk mengukur kedalaman air saat menyelam. Dengan barometernya Anda dapat memprediksi cuaca, sedangkan sistem GPS-nya membantu pengguna merekam data lokasi pengambilan foto.

DMC-TS4 memiliki layar LCD berukuran 2.7 inchi. Kamera ini dilengkapi Venus Engine yang terintegrasi dengan Intelligent Noise Reduction untuk menghasilkan foto dan video berkualitas bagus. Ada pula Sonic Speed AF yang berguna untuk pengambilan foto burst kecepatan tinggi.

Kemampuan Fotografi


kamera digital tahan air
Panasonic DMC-TS4 merupakan kamera Panasonic seri TS pertama yang menawarkan kemampuan pengoperasian secara manual. Sehingga, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kreatifitas fotografi mereka, dengan mengatur kecepatan shutter dan aperture. Jika ingin menghasilkan foto yang lebih bervariasi, bisa digunakan fitur Creative Photography yaitu Time Lapse Shot, Miniature Effect, dan Panorama Shot.

Untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, kamera digital tahan air ini menggunakan lensa LEICA DC VARIO-Elmar, 12.1 MP Hi-Speed censor CCD, dan pengolahan gambar menggunakan LSI Venus Engine. Kamera saku ini kompatibel dengan pengolahan gambar kecepatan tinggi.

Fitur IA (Intelligent Auto) berfungsi mengambil foto dan video secara otomatis. Fitur ini memudahkan pengambilan gambar tanpa harus mengatur ulang bila ada perubahan waktu dan kondisi. Setelah itu hasil fotonya bisa langsung diupload.

Kinerja jepretan kamera tahan air Panasonic ini sangat baik. Shutter lag tanpa prefocusing hanya 0,3 detik pada cahaya terang dan 0,7 detik pada cahaya redup. Shutter lag adalah waktu yang diperlukan sejak dari menekan shutter dan release untuk menangkap obyek. Dari satu jepretan ke jepretan lainnya tanpa flash hanya 1 detik, jika ditambah lampu kilat perlu 2,2 detik.

Fitur GPS 


Keunggulan DMC-TS4 / FT4 dibandingkan dengan seri TS 20 adalah bahwa kamera DMC-TS4 telah dilengkapi dengan GPS dan videonya sudah Full HD (1920 x 1080)p. Lumix FT4 mengandalkan fitur GPS dan kompas yang membuatnya ideal saat digunakan sebagai kamera travelling. Keunggulan GPS FT4 jika dibandingkan GPS seri sebelumnya adalah pada kelengkapan informasinya yang kini telah memuat jutaan landmarks dari 82 negara. 

Penanda letak geografis pada foto juga secara otomatis disajikan secara berurut dan dapat dilihat ulang melalui playback pada peta untuk mengetahui perjalanan fotografi Anda. Untuk video, Panasonic DMC-FT4 mampu merekam video hingga kualitas Full-HD (1920 x 1080 pixel) dengan kecepatan 60 fps pada format AVCHD dan MP4. Kamera Panasonic Lumix DMC-TS4 dijual dengan kisaran harga USD 400.

Sumber : Tabloid Ponsel & Gadget, Edisi 172 / Tahun VIII

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *