Memilih Kamera Digital Tahan Air Terbaik

Kamera digital tahan air yang terbaik

Kamera digital tahan air adalah alat pemotret digital yang khusus diciptakan untuk mengambil obyek foto di sekitar air. Dan masyarakat kita sering menyebutnya sebagai "kamera digital anti air". Kamera tahan air digital ini dibuat karena pemotret digital biasa akan rusak jika basah terkena air seperti kehujanan, kecemplung air atau digunakan untuk memotret obyek yang ada di bawah permukaan air.

kamera digital tahan air terbaik

Jika pekerjaan atau hobby Anda banyak berkaitan dengan aktifitas out door di air, seperti sungai, danau, air terjun, hujan deras dan lain-lain, maka Anda mungkin perlu sebuah waterproof camera atau kamera tahan air.

Kamera digital tahan air punya beberapa perbedaan dengan kamera digital biasa, seperti dalam hal kualitas gambar, ukuran kamera dan hargamya. Ke-tiga hal itu nanti banyak mempengaruhi atau menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih dan membeli kamera tahan air digital tersebut

Berikut ini adalah tips dalam memilih kamera digital tahan air terbaik.

1.    Tujuan penggunaan kamera. Penggunaan kamera anti air tidak akan jauh-jauh dari aktifitas yang berkaitan dengan air. Misalnya untuk mereka yang hobby renang, dayung, arung jeram, snorkeling, diving atau menyelam dll. Yang perlu diketahui adalah pada obyek seperti apa kamera anti air tersebut nanti akan banyak  digunakan. Jika hanya digunakan di area kolam renang atau olahraga outdoor lainnya maka kamera yang tahan air sampai 10 m sudah mencukupi. Tapi jika digunakan untuk diving misalnya maka perlu alat pemotret dengan kemampuan kedalaman lebih banyak lagi. Semua kamera yang tahan air memiliki rating kedalaman (depth rating), jadi pastikan Anda membeli kamera tahan air digital dengan rating kedalaman yang sesuai. 

2.    Jenis obyek foto. Apakah obyek foto bergerak (moving object) ataukah obyek foto tidak bergerak (still object).

3.    Jenis kamera. Kamera digital tahan air ada dua macam : point and shoot dan kamera digital single lens reflex (SLR). Kamera point and shoot biasanya ukurannya lebih kecil, harganya lebih murah dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Sedangkan kamera single lens reflex ukurannya lebih besar, harganya lebih mahal dan cocok untuk mereka yang ingin menekuni dunia fotografi secara professional.

4.    Fitur tambahan. Pada beberapa merk ada yang memiliki fitur kompas digital ataupun GPS (global positioning system) yang bisa mencatat lokasi dimana gambar foto itu diambil. Sebagai catatan, semakin lengkap fitur maka harganya semakin tidak murah.

5.    Lakukan riset seputar spsesifikasi dan harga kamera tahan air ini dengan mendatangi langsung toko kamera maupun mengunjungi toko online. Saran kami kunjungi toko online terlebih dahulu karena relatif tidak perlu biaya, setelah memiliki “bekal pengetahuan” yang cukup soal harga dan spesifikasi kamera, barulah mencari di toko kamera secara off line. Mengunjungi toko kamera secara langsung sebaiknya tetap dilakukan, setidaknya untuk membandingkan antara gambar kamera yang diminati dengan fisik kamera secara riil. Jangan lupa cobalah kamera yang diincar sebelum membelinya.

6.    Resolusi kamera. Sebaiknya cari kamera tahan air yang memiliki 7 – 10 megapixel. Kamera digital anti air umumnya memiliki zoom terbatas, sehingga faktor resolusi jadi sangat penting.  

7.    Beli pada waktu yang tepat. Harga kamera yang bagus atau terbaik kadang tidak murah, karena itu cari waktu yang tepat untuk membeli kamera. Biasanya menjelang akhir tahun sering ada diskon besar-besaran, atau pada moment tertentu seperti Jakarta Great Sale dalam rangka hari ulang tahun kota Jakarta.

8.    Membeli secara online. Jika berminat membeli dari toko online, pastikan hanya melalui toko online yang terpercaya. Dan jangan tergiur dengan harga yang sangat miring. Untuk pembayaran sebaiknya pilih opsi pembayaran cash on delivery (COD) atau pembayaran dilakukan hanya setelah barang diterima dan diperiksa kesesuaiannya.

9.    Casing kamera. Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan kamera di dekat area air, pertimbangkan untuk menggunakan casing kamera anti air untuk kamera digital standar Anda. Jika dipasang dan digunakan dengan benar, casing kamera yang tahan air ini mampu melindungi alat memotret tersebut agar tetap kering. Harga sebuah casing khusus ini tentu saja lebih murah dari pada membeli sebuah kamera digital anti air yang baru. 

Kelebihan dan kekurangan kamera digital tahan air

Sebuah waterproof camera sering dianggap sebagai kamera yang “sangar”, karena sebagian besar dirancang untuk tahan terhadap jatuh dari ketinggian tertentu, benturan, suhu beku, dan anti debu. Sekedar contoh, pada kamera biasa jika debu masuk ke lensa atau sensor kamera, maka akan sulit dikeluarkan dan akan mempengaruhi kualitas gambar. Sedangkan pada kamera tahan air lensa atau sensor sudah disegel sehingga debu tidak bisa masuk.

Berikut beberapa kelebihan kamera digital tahan air :

1.    Tahan guncangan (shock proof). Kebanyakan kamera tahan air mengklaim tahan terhadap jatuh dari ketinggian 1,5 – 2 meter, sehingga dianggap cocok untuk keluarga yang memiliki anak.

2.    Tahan dingin (freeze proof). Sebagian besar tahan terhadap suhu dingin sampai - 10°C sehingga baik untuk mereka yang hobby olahraga ski.

3.    Tahan himpitan (crush proof). Beberapa merk mengklaim bisa menahan beban sampai 100 kg, namun kami tetap merekomendasikan untuk tidak menaruh barang apapun diatas kamera tahan air ini.

4.    Cocok sebagai kamera traveling (travel camera). Iklim tropis seperti di negara kita sering identik dengan udaranya yang lembab. Kamera water proof ini lebih tahan terhadap kelembaban dibandingkan kamera digital biasa, sehingga cocok untuk dibawa traveling.

Kekurangan kamera digital tahan air :  

Disamping memiliki kelebihan, kamera anti air juga punya kelemahan. Inilah kelemahan kamera tahan air :

1.    Keterbatasan zoom. Kamera tahan air bisa diibaratkan berada pada sebuah casing khusus yang tertutup, sehingga tidak leluasa dan tidak bisa untuk zoom terlalu jauh. Kamera ini tidak cocok untuk mengambil gambar close up dari kejauhan.

2.    Tidak ada jendela bidik (viewfinder). Kebanyakan kamera tahan air tidak memiliki view finder, sehingga untuk memotret sepenuhnya bergantung pada layar monitor. Padahal layar monitor biasanya tidak jelas atau kabur pada tempat yang terang.

Video bagaimana memilih kamera digital tahan air di YouTube



Akhirnya kamera digital anti air adalah gadget spesial yang perlu sedikit perawatan yang berbeda dari kamera biasa. Setelah digunakan pada kondisi ekstrim, kamera ini perlu segera dibersihkan dan dikeringkan. Jangan biarkan kamera yang basah mengering sementara kondisinya masih kotor. Demikian pula jika terkena air laut yang asin, segera bilas dengan air tawar dan keringkan.

Itulah tips singkat memilih kamera digital tahan air terbaik. Jika Anda memiliki tips yang lain silakan menambahkan.

0 Response to "Memilih Kamera Digital Tahan Air Terbaik"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *