Tips Memilih dan Membeli MP3 Player Yang Bagus

Cara memilih MP3 player bagus berkualitas

Pemutar audio digital atau lebih dikenal dengan MP3 player telah menjadi bagian penting dari mereka yang ingin menikmati musik dan audio digital lain kapan saja dan dimana saja dengan sepraktis mungkin. Misalnya ketika berada diatas bus atau kereta saat pulang kerja, diatas lintasan treadmill ketika fitness, saat jogging mengitari lapangan, ataupun ketika duduk di ruang tamu sambil minum teh dan membaca buku favorite.

Mp3 player yang bagus

Memilih MP3 player terbaik dari sekian banyak opsi pemutar audio yang dijual di toko online maupun offline bisa jadi sangat membingungkan. Tips singkat ini akan mencoba mengurai caranya agar kita mendapatkan audio player yang paling bagus dan cocok dengan kebutuhan. Apa saja pertimbangan yang mendasari sehingga kita mendapatkan digital MP3 player yang bagus sesuai idaman.

1.    Kualitas audio. Namanya juga perangkat audio tentu kualitas audio menjadi pertimbangan pertama. Pilih player yang memiliki kualitas audio setara CD. Test langsung dengan headphone atau earphone.

2.    Konsumsi dan daya tahan batterai. Sebagai perangkat mobile konsumsi dan daya tahan batterai sangat penting. Tentang batterai ada banyak variasi dan itu tergantung setting masing-masing perangkat.  

3.    Konektifitas. Yaitu tentang cara audio player Anda “berkomunikasi” dengan komputer lain untuk saling berbagi data file musik, yaitu wireless atau via kabel USB. Mentransfer file musik akan terganggu atau lambat jika konektifitas diantara keduanya buruk.

4.    Display. Ukuran layar MP3 player tidak begitu besar. Lewat layar yang “imut” itu kita melakukan fungsi-fungsi navigasi seperti melihat musik apa yang sedang diputar, kontrol volume, mengganti lagu, mengatur equalizer dan lain-lain. Yang penting adalah memastikan bahwa layar dapat dilihat dalam semua kondisi, misalnya ketika berada diluar ruangan yang silau kita tetap bisa membaca karakter dengan mudah.  

5.    Tipe file. Ketika sebuah file musik di-copy dari CD ke computer atau didownload dari sebuah website maka file itu mungkin akan disimpan dengan ekstensi yang bervariasi. Kebanyakan akan disimpan dalam file default dengan ekstensi .mp3, namun bisa pula dengan ekstensi yang lain misalnya .wma, .wav dan lain-lain. Periksa tipe file musik apa saja didukung oleh MP3 player pilihan Anda. Semakin banyak ekstensi file musik yang kompatible dengan pemutar audio Anda maka akan semakin memudahkan kita.

6.    Software. Yaitu tentang bagaimana cara kita memainkan sebuah file musik atau mengorganisir beberapa file musik yang ada dalam MP3 player tersebut. Kebanyakan pemutar musik dewasa ini dilengkapi dengan beberapa piranti lunak yang bisa mengkompilasi play list dan mengkopi file. Masalahnya apakah software tersebut membuat panduan dengan cukup mudah, apakah tampilan interface-nya mudah dinavigasi dll.

7.    Storage. Tentang system penyimpanan file ada dua jenis MP3 player yaitu model hard drive dan yang berbasis flash. Model hard drive bisa menyimpan file musik lebih banyak tapi kurang praktis untuk beraktifitas. Model berbasis flash lebih praktis dan mudah dibawa beraktifitas. Kelemahannya tidak bisa menampung file sebanyak model hard drive.
        

Macam-macam MP3 player

Secara umum ada dua macam digital mp3 player yaitu music player dan media playerMusic player merupakan mp3 player berbasis flash. Ukurannya kecil, bobotnya ringan dan hanya dimaksudkan sebagai pemutar music atau audio saja. Display-nya menampilkan navigasi untuk mengontrol playback dan mengatur volume. Sering dilengkapi dengan built in radio FM dan perekam suara, ada pula yang dilengkapi kemampuan untuk bekerja dengan headset Bluetooth nirkabel. Jenis mp3 player ini biasa digunakan oleh orang yang banyak beraktifitas di luar ruang, misalnya jogging dll.

music - audio player dan media player

Yang kedua model media player, yaitu mp3 player berbasis hard drive. Mp3 player jaman sekarang makin canggih dan banyak yang bisa mendownload musik, video, atau film. Support headphone nirkabel via Bluetooth, atau dilengkapi kemampuan WiFi untuk download maupun streaming dari media online. Media player ini banyak mengakomodir konten video sebagai andalan utamanya.

MP3 player yang dimaksudkan sebagai teman berolahraga jogging misalnya tentu berbeda dengan MP3 player yang dimaksudkan sebagai pelengkap home entertainment. Jika Anda termasuk yang membutuhkan konten video dalam player Anda, maka pastikan memilih media player yang layarnya cukup besar, yaitu agar dapat menonton konten tersebut dengan nyaman.    

Itulah tips singkat seputar memilih dan membeli audio player,  agar kita mendapatkan mp3 player yang bagus, terbaik dan sesuai kebutuhan. Jika Anda punya tips tambahan, jangan sungkan untuk berbagi dengan kami.

0 Response to "Tips Memilih dan Membeli MP3 Player Yang Bagus"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *