Panduan Membeli Flashdisk Yang Bagus

Memilih USB flashdisk yang bagus dan tepat

USB flashdisk (flash drive) adalah media yang tepat untuk membawa atau mentransfer dokumen, musik dan video secara cepat dan efisien dari satu komputer ke komputer lainnya, sehingga Anda dapat mengakses semua dokumen tersebut pada berbagai perangkat. Anda cukup memasang stick USB ke laptop atau PC, selanjutnya tinggal menjalankan komputer seperti biasanya. Berbeda dengan hard disk external, secara fisik ukuran flashdisk tergolong kecil, sangat portable, mudah disimpan dan dibawa, bobotnya biasanya kurang dari 1 ons.

flash disk yang bagus

Flashdisk merupakan media portable untuk solusi keperluan mobilitas data Anda. Meski secara fisik ukurannya kecil namun media simpan ini mampu menampung data hingga 64 GB atau lebih. Agar mendapatkan flashdisk bagus dan tepat, berikut ini adalah beberapa hal yang mesti dipertimbangkan saat hendak memilih flashdisk.

1. Kapasitas. Pilih flash disk dengan kapasitas yang besar, walaupun harganya sedikit lebih mahal. Kenapa ? Sebab, kebutuhan mobilitas data milik Anda juga akan semakin besar dari waktu ke waktu. Daripada Anda membeli dua buah flash drive 8 GB, lebih baik membeli satu buah ukuran 16 GB, karena lebih ekonomis dan lebih praktis. Kapasitas flashdisk yang banyak dijual bervariasi : 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB dll.

2. Keamanan. Beberapa USB flash drive dilengkapi dengan fitur untuk keamanan data, seperti proteksi password, pemindai sidik jari bahkan enkripsi data. Seberapa jauh tingkat keamanan yang Anda butuhkan tergantung pada seberapa penting data yang Anda simpan. Tapi setidaknya, carilah flash disk yang memiliki fitur proteksi password. Karena, ukuran flashdisk yang kecil memudahkannya untuk hilang, tertinggal, atau diambil orang. Jika itu terjadi, maka data yang tersimpan tidak bisa diakses selama passwordnya tidak diketahui.

3. Ketangguhan. Sebagai andalan mobilitas data, flashdisk yang Anda beli harus kokoh dan tangguh. Tidak ada gunanya proteksi password atau sidik jari, jika kegencet sedikit saja flash disk sudah remuk. Carilah flash drive dengan eksterior atau casing dari aluminium anodized atau bahan lain yang tangguh. Termasuk dalam definisi tangguh misalnya tahan air, tahan himpitan, tahan suhu ekstrem, tahan banting dll. Untuk kepraktisan carilah drive yang memiliki tempat tambatan tali, misalnya untuk disatukan pada gantungan kunci.

4. Dukungan dan support. Termasuk dalam hal ini adalah garansi produsen, yang akan melindungi barang yang Anda beli dari cacat manufaktur. Garansi produsen berkisar antara satu tahun hingga seumur hidup. Semakin lama garansinya semakin bagus. Merk flashdisk yang bagus juga selalu menyediakan banyak cara alternatif bagi konsumen untuk menghubungi produsen, seperti nomor telpon, email, dll.        

5. Teknologi. Ada flashdisk dengan teknologi USB 3.0 dan juga USB 2.0. USB 3.0 yang keluar lebih belakangan memiliki kecepatan hingga 10 kali lipat dari USB 2.0. Namun kecepatan disini sifatnya tidak baku, karena hal itu dipengaruhi banyak faktor seperti kapasitas penyimpanan drive. Sebaiknya pastikan bahwa komputer Anda juga kompatible dengan teknologi USB 3.0.

Kapasitas flashdisk yang sesuai kebutuhan

Kapasitas flashdisk yang dibutuhkan dan tepat bagi tiap orang berbeda-beda. Jika Anda belum yakin soal seberapa besar kapasitas flashdisk yang diperlukan, maka berikut ini adalah gambarannya :

Flashdisk 8 GB : Dapat menyimpan sekitar 3.800 gambar ukuran 2MB, atau 1.900 MP3 ukuran 4MB atau 15 video MPEG ukuran 500MB. Ukuran ini cocok untuk menyimpan file dokumen atau musik.

Flashdisk 16 GB : Dapat menampung sekitar 7.600 gambar, atau 3.800 MP3, atau 30 film. Ukuran ini cocok jika Anda adalah pecinta atau penikmat music.

Flashdisk 32 GB : Dapat menyimpan sekitar 15 ribu gambar, atau 7.600 MP3, atau 60 film. Jika Anda ingin menyimpan gambar resolusi tinggi atau HD video maka ini adalah ukuran yang tepat.

Flashdisk 64 GB : Semakin hari ukuran ini semakin populer, karena harganya juga terus turun. Flash drive 64 GB dapat menampung sekitar 30 ribu foto, atau 15 ribu MP3, atau 120 film.

Flash drive ukuran 4 GB atau kurang dari itu, sekarang ini sudah kurang populer atau kurang diminati.

Walau secara fisik ukurannya kecil, namun flashdisk yang tepat akan sangat memudahkan produktifitas maupun mobilitas pekerjaan pemiliknya.

Itulah panduan singkat memilih dan membeli flashdisk yang bagus dan tepat. Jika Anda punya masukan dan tambahan, silakan berbagi pada kami.

0 Response to "Panduan Membeli Flashdisk Yang Bagus"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *