Tips Memilih dan Membeli Hard Disk External Yang Bagus

Hard disk external bagus buat apa ? Untuk siapa ?  

Pertanyaannya tepat, buat apa dan untuk siapa ? Begini. Hard disk external sangat diperlukan untuk mendukung apa saja pekerjaan yang terkait dengan komputer. Jika Anda adalah pengguna komputer seperti kebanyakan orang, maka secara perlahan namun pasti, jumlah file gambar, foto, video, musik dan film pada beberapa folder di harddisk Anda akan terus bertambah.

hard disk external yang bagus
Sumber foto : pcworld.com

File-file tersebut, bersama file lain seperti words dan spreadsheet, harus disimpan dengan sebaik-baiknya. Kita bisa menyimpan file penting itu di hardisk internal maupun hardisk eksernal.

Menyimpan file penting hanya pada satu tempat seperti di internal hard disk laptop atau PC saja, terlalu beresiko. File-file penting itu perlu dibuatkan back up dan disimpan di tempat yang lebih aman agar terhindar dari resiko hilang atau rusak.

Bayangkan betapa pusingnya kita jika file yang kita butuhkan rusak, terhapus atau hilang bersama PC atau laptopnya.

Selain untuk mengamankan file, membuat back up dan menyimpan di tempat lain adalah juga untuk membuat kerja komputer jadi ringan. Karena, terlalu banyak file pada hardisk internal akan membuat kerja komputer jadi lambat.

Itulah alasan mengapa kita perlu sebuah hard disk external yang kualitasnya bagus untuk menyimpan file cadangan dengan aman.

Hard disk external untuk back up file penting

Banyaknya file yang tersimpan di internal hard drive juga sering membuat kita ragu dalam menentukan apakah file A lebih perlu untuk dibuatkan back up-nya daripada file B, ataukah sebaliknya ? Apakah harus dihapus salah satunya ataukah justru dibuatkan back-up dua-duanya ?

Menghapus file hasil kerja Anda hanya karena alasan kapasitas hardisk tidak mencukupi menurut kami kurang relevan. Sebab, dipasaran tersedia begitu banyak media penyimpanan seperti flashdisk ataupun hardisk eksternal. Dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal.

Menyiapkan sebuah hard disk external yang berkualitas untuk memback-up semua file dari  hardisk internal  jauh lebih mudah dan lebih disarankan. Jika pun ada file yang harus di hapus di internal hard disk, maka hapuslah file tersebut setelah Anda membuatkan back-up nya di hardisk eksternal. Sehingga jika kita membutuhkan file tersebut suatu saat nanti, kita masih memilikinya.

Pertimbangan dalam memilih hard disk external

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih dan membeli hard disk external yang bagus :

1. Jenis atau tipe. Ada dua jenis hardisk yaitu solid-state drive (SSD) dan hard-disk drive (HDD). Tipe SSD kemampuannya sangat cepat tapi harganya juga mahal. Untuk kapasitas besar harga tipe SSD bisa tiga kali lipat tipe HDD. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak (moving parts) sehingga lebih aman. Namun tipe HDD juga bagus asalkan Anda memperlakukannya tidak seperti “pelari marathon” saat mentransfer file.

2. Daya tahan (durability). Jika Anda adalah orang yang banyak bepergian maka pertimbangan daya tahan sangat penting. Carilah hardisk portable yang menonjolkan “kekuatan” dan daya tahan seperti tahan debu, tahan air, tahan himpitan atau tahan jika jatuh dari ketinggian dll. Drive ini biasanya memiliki bagian eksterior yang kuat untuk perlindungan tambahan.

3. Kapasitas (capacity). Berapa kapasitas hardisk yang ideal sangat bergantung pada apa jenis file dan seberapa banyak file yang Anda miliki. Jika sebagian besar dokumen Anda berbentuk words atau spreadsheet maka hard disk dengan kapasitas 250 GB atau 350 GB sudah amat sangat cukup.

Sebaliknya jika Anda adalah kolektor musik atau film, dan belum berniat akan berhenti mendownload  file-file tersebut, maka Anda mungkin perlu hard disk external bagus dengan kapasitas 1TB atau 2TB. Umumnya semakin besar kapasitas hardisk maka semakin baik.

4. Kecepatan (speed). Yaitu seberapa cepat waktu yang dibutuhkan oleh hardisk external tersebut dalam membaca dan atau menulis file. Untuk urusan kecepatan transfer file, ada drive dengan USB 2.0 dan yang lebih cepat USB 3.0.  Jika Anda pengguna computer Mac,  Anda mungkin perlu drive dengan konektor FireWire.

Selain itu ada juga hard disk eSATA yang lebih cepat dari USB 2.0 namun perlu sumber daya tambahan. Sehingga eSATA harus dihubungkan juga ke stop kontak listrik. Jika Anda sering mentransfer file dalam ukuran besar, seperti film high definition, maka eSATA adalah pilihan yang tepat.

5. Kemampuan jaringan (networkability). Jika Anda adalah pengguna komputer yang bekerja sendiri, maka sebuah hardisk portable sederhana mungkin sudah cukup memadai. Namun jika Anda adalah seorang pemilik usaha kecil atau memiliki beberapa computer di rumah, maka ada opsi yang lebih baik. Yaitu perangkat yang dapat menyimpan file bersama dalam satu jaringan (network attached storage atau NAS).

NAS adalah hardisk external dengan kapasitas sangat besar yang secara otomatis dapat membuat file cadangan beberapa computer dan memungkinkan beberapa computer mengakses file yang sama.

6. Keamanan (security). Faktor keamanan adalah alasan utama kita memerlukan sebuah hard disk external bagus. Namun, beberapa hardisk eksternal menawarkan fitur keamanan yang berbeda. Ada yang hanya berfungsi sebagai “kotak penyimpanan” saja, ada pula yang secara otomatis mampu membuat file cadangan. Jika lebih aware dengan soal keamanan, carilah hardisk eksternal yang dilengkapi software untuk meng-enkripsi data yang tersimpan didalamnya atau dilengkapi password untuk membukanya.

7. Jangan langsung beli. Untuk mendapatkan hard disk external yang murah, maka jangan langsung beli pada saat launching awal. Tunggu satu tahun atau lebih (jika bisa) sehingga Anda memperoleh hardisk dengan kapasitas lebih besar tapi harganya lebih murah.

8. Kantong hardisk eksternal. Buat saya, hardisk eksternal yang berkualitas bukan berarti hanya performanya saja yang oke, tapi sebaiknya dari segi penampilan jangan lecek, kusam, baret-baret dan lain-lain.

Karena itu saya lebih menyukai hardisk eksternal yang dilengkapi kantong hardisk khusus. Yakni agar hardisk kesayangan terlindung dari debu, baret-baret, dll sehingga hardisk tetap bersih dan kinclong meski umurnya sudah bertahun-tahun.

aneka hardisk eksternal bagus

Beberapa pilihan hard disk external bagus

Selain beberapa hardisk external terbaik di artikel sebelumnya, berikut ini adalah beberapa hard disk external kualitas bagus dan dipilih oleh situs pcworld.com.

1. Buffalo MiniStation Thunderbolt.

2. Rocstor Lancer LX.

3. Seagate Satellite.

4. Seagate Slim.

5. Western Digital My Passport.

>>> Lagi cari hard disk external yang berkualitas ? Silakan Klik Di Sini.

Itulah beberapa tips untuk memilih dan membeli hardisk external dan hard disk portable yang bagus dan berkualitas. Jikapun mungkin kapasitas hard disk external dianggap terlalu besar, bahkan media simpan eksternal yang kapasitasnya jauh lebih kecil seperti flash disk tetap saja merupakan perangkat yang penting di era modern ini.

0 Response to "Tips Memilih dan Membeli Hard Disk External Yang Bagus"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *