Cara Merawat dan Menggunakan Hard Disk Eksternal

Merawat dan menggunakan hardisk eksternal dengan benar 


Kebanyakan orang menganggap hard disk external sebagai perangkat yang “tidak perlu diapa-apain” dan mereka tak pernah peduli soal perawatan. Tapi setelah ada sesuatu yang tidak beres dengan hardisk tersebut, dan khawatir dengan keamanan data yang tersimpan didalamnya, barulah orang sibuk mencari tau cara merawat dan menggunakan hard disk external yang benar. Mereka lalu berupaya agar hard disk tersebut tidak rusak dan data yang tersimpan tetap aman.

cara merawat hardisk external

Pertanyaannya, kenapa tidak mencoba merawat hard disk eksternal tersebut sedari awal ? Padahal perawatan dan cara menggunakan hard disk eksternal itu simple dan tidak sulit. Nah, berikut ini adalah cara merawat dan menggunakan hardisk external dengan benar :

1. Taruh hardisk eksternal pada bidang datar dan stabil saat digunakan. Jika ditaruh pada bidang miring akan mudah tergelincir dan jatuh, apalagi jika eksteriornya tidak dibalut dengan karet. Selain itu hardisk external yang bukan kategori solid state drive memiliki cakram dan head yang dikhawatirkan terganggu kinerjanya jika ditaruh pada bidang miring.

2. Tempatkan harddisk pada tempat yang bersih dan jauh dari sumber panas atau basah. Beberapa merek hardisk mengklaim tahan panas, tahan air dan tahan jatuh dari ketinggian tertentu. Tapi tidak semua external hard drive tahan terhadap kondisi ekstrem seperti itu. Kita lebih baik mengantisipasi hal buruk sebelum ia datang menimpa, bukan ?

3. Jangan taruh pada tempat tertutup saat hardisk digunakan. Semua barang elektronik menghasilkan panas saat digunakan, termasuk harddisk. Jadi jangan letakkan hardisk pada tempat tertutup, seperti laci misalnya, karena akan mudah panas.

4. Pelihara kabel data. Periksa jangan sampai ada bagian kabel yang lecet atau terkelupas.

5. Jika menggunakan tenaga listrik via adaptor, hubungkan ke stabilizer, untuk mengantisipasi lonjakan dan naik turunnya daya listrik di rumah.

6. Beli hard disk baru, jangan mau hardisk bekas. Harga hard disk eksternal cukup murah, tidak ada untungnya beli harddisk bekas.

7. Update dokumen yang tersimpan di hardisk eksternal secara priodik, atau segera setelah Anda meng-update dokumen di internal hard disk komputer.

8. Simpan bon pembayaran atau tanda terima dengan sebaik-baiknya, untuk mengantisipasi seandainya ada cacat manufaktur. Periksa soal kebijakan pengembalian saat Anda membeli barang elektronik apapun.

Dalam merawat hard disk external sejatinya ada dua hal hal harus diperhatikan. Yaitu perawatan secara fisik terhadap body hardisk itu sendiri dan perawatan terhadap dokumen yang kita simpan di dalamnya. Jika kita abai terhadap keduanya, maka “sesuatu yang tidak beres dengan hardisk tersebut” akan datang dan tinggal menunggu waktu.  

Baca juga : Tips Memilih dan Membeli Hard Disk External Yang Bagus

Itulah uraian singkat cara merawat atau menggunakan hardisk eksternal, agar awet dan tahan lama.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *