Cara Merawat Keyboard Wireless Agar Tahan Lama

Perawatan keyboard wireless agar awet, tahan lama


Kemajuan teknologi memungkinkan kehidupan berjalan lebih mudah dan lebih simple. Tak terkecuali dengan keyboard wireless yang memudahkan kita untuk mengoperasikan keyboard pc tanpa kerumitan kabel koneksi. Keyboard nirkabel merupakan perangkat komplementer terhadap wired keyboard, sehingga user memiliki pilihan yang lebih beragam tentang mana yang lebih sesuai : apakah keyboard tanpa kabel (wireless keyboard) atau keyboard biasa yang menggunakan kabel (wired keyboard).

merawat keyboard wireless

Berbeda dengan saat awal peluncurannya, sekarang ini, keyboard wireless sudah semakin nyaman. Satu artikel di situs about.com bahkan menyatakan sebuah keyboard tanpa kabel sebagai keyboard yang paling nyaman untuk digunakan (baca : 5 Keyboard Komputer Terbaik di Kelasnya). Nah, agar kenyamanan dalam menggunakan keyboard nirkabel ini bisa terus dinikmati, maka pengguna perlu merawat keyboard wireless tersebut.

Uraian singkat dibawah ini akan menjelaskan cara merawat keyboard wireless agar nyaman, awet dan tahan lama.

1. Merawat baterei keyboard. Karena tidak menggunakan koneksi kabel, maka baterai menjadi tumpuan pengoperasian keyboard wireless. Menggunakan baterei isi ulang seperti NiMH adalah pilihan bijak karena jenis baterai ini tidak akan bocor. Manfaat baterei isi ulang lainnya adalah lebih hemat dalam jangka panjang. Keyboard wireless juga bisa menggunakan baterei alkaline. Namun dalam menggunakan baterai ini harus rajin mengecek seandainya baterei ini bocor, dan harus segera diganti. Perawatan beterai keyboard yang tepat akan memperpanjang umur keyboard secara keseluruhan.

2. Penempatan keyboard wireless (positioning). Keyboard tanpa kabel memiliki rentang transmisi terbatas. Sehingga keyboard nirkabel ini tidak mungkin dioperasikan terlalu jauh dari computer. Perbedaan jarak yang efektif antara keyboard dengan komputer sebagai unit penerima bervariasi antara produsen yang satu dengan yang lain. Umumnya antara 5 sampai 20 kaki. Jika jarak maksimum terlampaui maka keyboard wireless tidak dapat bekerja dengan efektif.

Satu cara ampuh untuk mengetahui berapa jarak yang ideal antara keyboard dengan komputer adalah mengetesnya secara langsung. Cobalah buka teks dokumen di layar monitor (misalnya Microsoft words). Kemudian mulailah mengetik satu atau dua kalimat sambil mundur menjauh dari komputer. Jika huruf-huruf yang Anda ketikkan sudah tidak bisa muncul di layar monitor, itu artinya jarak maksimum telah terlewati. Pastikan penempatannya tepat agar keyboard wireless lebih nyaman saat digunakan.

3. Jangan kena tumpahan air. Terkena tumpahan air (seperti kopi, teh atau minuman kaleng) adalah “kecelakaan” serius bagi sebuah keyboard komputer. Tidak jarang kecelakaan seperti ini akan membuat keyboard jadi rusak dan umur pakainya merosot. Jika terlanjur terkena tumpahan air, yang bisa dilakukan adalah mematikan keyboard dan segera keluarkan beterainya. Balikkan keyboard sampai semua air tumpahan keluar lalu keringkan. Untuk mengeringkan celah-celah yang sempit gunakan hair dryer. Di pasaran sekarang ini tersedia keyboard komputer yang tahan terhadap tumpahan air, yaitu Kensington Washable Keyboard (baca artikel ini).

4. Mencegah paparan pada permukaan keyboard. Kelebihan keyboard wireless yang fleksibel dalam pemakaian, sering memancing orang untuk menggunakannya di area yang tidak biasa seperti di dapur, di teras, di halaman dll sejauh jarak maksimumnya tidak terlewati. Area tersebut biasanya rentan terhadap paparan benda asing pada papan keyboard. Jauhkan keyboard tanpa kabel dari kemungkinan terkena percikan air, debu dan kotoran, atau jatuh ke kolam dll. Keyboard yang kotor bisa dibersihkan dengan sikat yang ringan dan lembut. Saran : jangan merokok saat mengetik di keyboard.

5. Gunakan pelapis keyboard. Cara merawat keyboard wireless yang terakhir adalah dengan menggunakan pelapis keyboard. Yaitu untuk mencegah masuknya debu dan kotoran ke sela-sela huruf keyboard. Pelapis keyboard banyak dijual di toko-toko komputer.

Itulah cara merawat keyboard wireless agar nyaman, awet dan tahan lama. Jika Anda punya cara yang lain silakan menambahkan.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *