Ini Dia Tips Memilih Keyboard Komputer

Tips memilih keyboard komputer


Di pasaran saat ini tersedia berbagai macam dan jenis komputer. Konsumen bisa memilih jenis komputer mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Demikian pula halnya dengan keyboard komputer, peripheral yang satu ini juga ber-evolusi mengikuti perkembangan teknologi komputer.

roll up keyboard for computer

Dalam memilih keyboard komputer, kita harus memperhatikan jenis koneksi seperti apa yang dimiliki oleh CPU komputer sebagai perangkat utamanya. Selain itu perhatikan juga spesifikasi apa yang harus dimiliki oleh key board sehingga peripheral tersebut dapat digunakan  secara maksimal. Berikut dibawah ini adalah tips memilih keyboard komputer yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Cocokkan dengan koneksi pada CPU computer. Untuk mengetahuinya lihat pada bagian belakang casing CPU computer Anda. Disana akan terlihat beberapa port yang bentuknya bulat dan port yang bentuknya persegi. Port yang bulat adalah port PS2 sedangkan yang persegi adalah port USB. Sesuaikan keyboard komputer yang Anda beli dengan tipe koneksi yang ada di CPU tersebut.

Jika computer Anda mempunyai fitur Bluetooth, Anda bisa memilih keyboard computer tanpa kabel (wireless). Untuk mengetahui apakah computer Anda punya fitur Bluetooth atau tidak, pergilah ke control panel pada komputer Anda kemudian cari ikon “Bluetooth Devices”. Jika Anda menemukan ikon tersebut, berarti Anda bisa menggunakan keyboard komputer tanpa kabel, yaitu dengan meng-klik tombol “Add” kemudian ikuti petunjuk yang ada di jendela pop-up.

2. Menentukan jenis keyboard yang tepat. Berikut ini adalah jenis-jenis atau macam-macam keyboard berdasarkan penggunaannya.

keyboard standard untuk komputer

a. Keyboard standar. Atau dikenal juga dengan sebutan keyboard QWERTY, karena enam huruf pertama pada baris atas adalah huruf q, w, e, r, t, dan y. Bentuk keyboard computer standar adalah seperti yang banyak kita temui di rumah atau kantor. Ini adalah bentuk keyboard terbaik untuk komputasi sehari-hari dengan beberapa tombol short cut yang terbatas.

keyboard ergonomis

b. Keyboard ergonomis. Yaitu kibord yang khusus dirancang untuk meminimalkan ketegangan otot dan masalah musculoskeletal lainnya seperti Repetitive Strain Syndrome (RSI) akibat menggunakan keyboard selama berjam-jam. Keyboard ergonomis diposisikan sedemikian rupa mengikuti bentuk pergelangan tangan, sehingga nyaman digunakan dan otot tangan tidak tegang.

gaming keyboard untuk bermain game

c. Keyboard gaming. Yaitu keyboard standar yang dilengkapi dengan fitur dan fungsi tambahan untuk bermain game. Misalnya tombol illuminated yang akan terang di malam hari, tombol multimedia untuk mengontrol volume, sandaran tangan agar otot tangan tidak tegang, dan tombol short cut lain sehingga misalnya, Anda bisa memeriksa email sementara Anda masih bermain game.

Bagi pengguna computer biasa, tombol-tombol tersebut mungkin tidak akan pernah dipakai dan hanya akan menambah mahal harganya saja. Keyboard untuk bermain game biasanya sudah diberi label “gaming keyboard” oleh penjualnya.

roll up keyboard untuk traveler

d. Keyboard roll up. Nah, yang ini cocok untuk mereka yang suka berpergian atau traveling, karena keyboard ini bisa digulung atau dilipat setiap selesai digunakan. Biasanya traveler’s keyboard terbuat dari polyurethane atau silicon. Untuk menghemat tempat mungkin beberapa tombol tidak akan Anda temukan di kibord jenis ini. Misalnya pad number yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard standar. Bobot keyboard traveler biasanya sangat ringan. Tapi jangan salah, perangkat jenis ini termasuk mahal harganya.    

3. Cek kompatibilitas keyboard yang Anda pilih dengan unit komputer utama Anda. Jika Anda ingin keyboard tersebut mampu terhubung dengan computer dalam beberapa tipe konektor, Anda bisa membeli port adaptor secara terpisah.

4. Pastikan komputer Anda dapat menjalankan software yang dibutuhkan untuk menginstal keyboard yang Anda beli. Periksalah system operasi pada komputer Anda.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Wireless

Itulah beberapa tips dalam memilih keyboard untuk komputer. Jika Anda punya tips yang lain jangan sungkan untuk menambahkan.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *