Perbedaan Waterproof dan Water Resistant Pada Gadget

Gadget seperti smartphone, jam tangan, kamera atau GPS dll sering mencantumkan istilah waterproof atau water resistant. Demikian pula istilah itu sering tercantum pada jacket, hangtags tenda dan beberapa peripheral komputer. Taukah Anda bahwa, dua istilah ini bisa mempengaruhi hidup dan matinya gadget atau perangkat komputer Anda. Nah lho !

perbedaan waterproof dan water resistant

Jika Anda salah dalam memahami dan menggunakan kedua istilah itu, maka uang yang Anda keluarkan untuk membeli gadget atau peripheral komputer akan musnah sia-sia. Apa sesungguhnya pengertian dari waterproof dan water resistant yang sering tertera pada gadget yang kita beli ? Apa pula perbedaan antara kedua istilah itu ?

Pengertian serta perbedaan waterproof dan water resistant   


Pada dasarnya tidak ada aturan yang sungguh-sungguh exact untuk mengklasifikasikan sebuah gadget atau peripheral komputer ke dalam kategori waterproof atau water resistant. Meski demikian beberapa produsen ada yang menerapkan standar baku, seperti menggunakan angka atau rating Ingress Protection (IP rate). Sebagian produsen yang lain menggunakan parameter lain yang bisa diterima.

Skala Ingress Protection berada pada rentang angka 1 sampai 8. Misalnya IPX1 berarti gadget Anda tidak dilindungi dari air, sedangkan IPX8 berarti gadget Anda aman atau terlindung dari air.

Pengertian serta perbedaan antara waterproof dan water resistant secara umum adalah sebagai berikut.

pengertian waterproof dan water resistant

Water resistant

Gadget dan peripheral computer yang mencantumkan keterangan “water resistant” berarti dapat dibersihkan dengan kain lembab atau basah. Perangkat ini tidak rusak oleh keringat. Misalnya orang yang berkeringat karena berolahraga jogging sambil mengenakan earphone. Demikian pula halnya jika hanya terkena percikan air. Perangkat ini tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring (dishwasher).

Waterproof

Perangkat computer dan gadget dengan keterangan “waterproof” berarti dapat sepenuhnya terendam dalam air. Namun tentang kedalaman dan berapa lama perangkat tersebut tahan terhadap air bisa bervariasi. Perangkat waterproof biasanya mampu bertahan dalam mesin pencuci piring.

Perlu diperhatikan bahwa, meski sebuah perangkat ditandai sebagai waterproof, namun bagian konektor dari perangkat waterproof tersebut biasanya tidak kedap air.

Selain itu istilah lain yang juga berkaitan adalah “washable”. Peripheral komputer atau gadget yang mencantumkan istilah washable berarti bisa dibilas dengan air keran dan mampu bertahan dari detergen ringan. Tapi perangkat ini tidak boleh dimasukan dalam mesin pencuci piring.

Jadi intinya, sebelum membeli gadget tertentu yang mencantumkan waterproof atau water resistant, periksa penjelasan yang ada pada brosur atau buku manualnya mengenai istilah ini. Karena sangatlah mungkin jika gadget yang kita miliki terkena air hujan, terjatuh di genangan becek, jatuh di selokan, kolam dll. Jangan sampai gadget yang sudah kita beli esok hari mati gara-gara kita tidak paham dengan istilah itu.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *