Monitor Gaming Terbaik 2014 + Review

Para penggemar game pasti menginginkan peralatan pendukung dengan teknologi terbaru yang canggih untuk bersaing dalam sebuah permainan. Kenapa ? Sebab, peralatan dengan performa tinggi banyak berpengaruh pada kepuasan, kenyamanan dan hasil akhir seorang gamer dalam permainan online. Selain keyboard gaming yang sudah diulas sebelumnya, peralatan selanjutnya adalah monitor gaming (gaming monitor).

monitor gaming terbaik AOC i2757fh

Coba bayangkan pada sebuah game perang. Ketika Anda mengeksekusi sebuah “action” seperti tembakan virtual (atau melepaskan anak panah atau meledakkan sebuah target) muncul di layar, maka Anda perlu melihat “action” itu dengan jelas dan mengetahui apa yang akan terjadi kemudian. Anda pasti tidak ingin diganggu oleh munculnya blur hanya karena pergerakan obyek yang sangat cepat di layar monitor.

Untuk keperluan gaming seperti ini, sebuah monitor generik dengan spek biasa tidak akan memadai. Sebagai gantinya Anda membutuhkan monitor gaming dengan display yang tajam, dilengkapi fitur yang Anda perlukan sehingga Anda tetap kompetitif dan bisa melakukan yang terbaik.

Pertimbangan dalam memilih monitor gaming terbaik 


Sedikit mengulang dari tulisan terkait sebelumnya. Yang menjadi pertimbangan dalam memilih monitor gaming biasanya adalah ukuran (size), resolusi layar (screen resolution), waktu respon (response time), rasio contrast (contrast ratio) dll. (baca tulisan sebelumnya : Tips Membeli Monitor Komputer Yang Bagus dan Sesuai).

Ukuran monitor yang lebih besar akan memberikan display yang lebih nyaman. Kebanyakan orang menemukan kenyamanan dengan monitor gaming ukuran 24 inch sampai 32 inch.

Untuk resolusi monitor, layar dengan full HD sekarang sudah menjadi low end untuk kebanyakan monitor gaming. Sebagai alternative gantinya adalah Quad HD, WQHD, dan 4K atau UHD (ultra high definition). Resolusi yang lebih tinggi memberikan detail gambar yang lebih tajam. Namun sebaliknya resolusi tinggi menuntut kartu grafis yang juga lebih tinggi.

Untuk waktu respon, carilah monitor gaming dengan response time 6 ms (milliseconds) atau kurang dari itu (black to white), atau 2 ms kebawah (gray to gray).

Monitor gaming yang bagus idealnya juga memiliki fitur koneksi dengan multiple input. Jadi selain dengan PC, Anda juga bisa mengkoneksikannya dengan home theater system, atau konsol game.

Sebagai pelengkap, monitor gaming yang bagus sebaiknya memiliki dudukan yang ergonomis. Dudukan ergonomis memungkinkan Anda dapat menyesuaikan tinggi rendahnya monitor ataupun mengatur arah monitor. Sehingga Anda mendapatkan posisi layar yang paling nyaman sebelum memulai game.

Seperti apakah monitor gaming terbaik tahun 2014 ? 


Masalahnya seperti apakah monitor gaming terbaik yang memenuhi sebagian besar ekspektasi diatas ?

Brian Westover, seorang kolumnis yang banyak menulis artikel tentang komputer dan gadget, menawarkan pilihan untuk para gamer yang ingin memiliki monitor gaming terbaik. Ia menuturkannya di situs pcmag.com pada Mei 2014.

Berikut beberapa monitor gaming terbaik 2014 yang direkomendasikannya.

1.  AOC i2757fh

AOC i2757fh adalah monitor gaming ukuran 27 inch IPS (in-plane switching) berpenampilan licin dengan performa yang solid namun harganya cukup murah. Gambar monitor ini adalah seperti yang ada di awal tulisan.

2. BenQ XL2720T

gaming monitor terbaik BenQ XL2720T

BenQ XL2720T adalah monitor 27 inch dengan fitur lengkap, yang memberikan respon piksel yang cepat, warna yang tajam, dan warna hitam yang dalam. Harganya sedikit lebih mahal, namun monitor ini memberikan berbagai input video yang akan Anda butuhkan.

3. BenQ XL2720Z

BenQ XL2720Z dirancang khusus untuk para gamer dan sarat dengan fitur yang dibutuhkan. Harganya sedikit lebih mahal dari kebanyakan monitor ukuran 27 inch, namun jika performa gaming yang ekstrem yang Anda inginkan, maka uang yang Anda belanjakan tidak akan sia-sia.

4. Acer B276HUL

gaming monitor terbaik Acer B276HUL

Acer B276HUL merupakan monitor 27 inch untuk kelas professional dengan harga terjangkau, dengan resolusi 2.560:1.440 dan fitur yang kuat. Monitor ini menawarkan warna-warni yang akurat dan sudut pandang lebar, namun performa grayscale-nya tetap bagus.

5. Asus PQ321

Asus PG321 menawarkan detail gambar 4K yang menakjubkan melalui monitor IGZO selebar 31,5 inch. Harganya lumayan mahal.

monitor gaming terbaik Asus PQ321

6. Asus VG248QE

Asus VG248QE merupakan monitor gaming ukuran 24 inch dengan refresh rate 144Hz, respon pikselnya cepat, performanya bagus dan memiliki dudukan yang bisa disesuaikan.

7. Lenovo LI2721s Wide

Monitor desktop berukuran 27 inch ini cukup atraktif karena menawarkan kualitas warna kelas IPS (in-plane switching) yang solid dan sudut pandang lebar. Namun respon pikselnya mungkin kurang memuaskan bagi gamer yang cerdas.

8. Planar PXL2790MW

monitor untuk game Planar PXL2790MW

Monitor 27 inch dengan kualitas IPS ini cukup stylish, menawarkan kinerja yang solid, dilengkapi dengan berbagai macam video input dan bisa menggunakan beberapa port USB. Harga monitor gaming ini cukup mahal.

9. Samsung Series 9 S27B971D

monitor gaming terbaik Samsung Series 9 S27B971D

Samsung Series 9 S27B971D adalah monitor 27 inch PLS (plane to line switching) yang menarik, yang memberikan reproduksi warna-warni yang sangat akurat serta warna hitam yang sangat gelap. Fiturnya sudah lengkap dan sudut pandang yang lebar. Kekurangannya, harganya lumayan mahal.

10. Viewsonic VX2452mh

ViewSonic VX2452mh adalah bukti nyata bahwa untuk mendapatkon monitor dengan kinerja gaming yang baik, Anda tidak selalu harus menghabiskan banyak uang. Monitor 24 inch ini memiliki respon piksel 2 milliseconds (gray to gray), detail gambar yang tajam dan cerah, dan merupakan monitor hemat listrik. Kelemahannya : fiturnya terbatas.

Itulah beberapa pilihan untuk monitor gaming terbaik tahun 2014.

Tentu saja di dunia ini ada banyak versi tentang monitor yang memiliki kinerja bagus dan cocok untuk bermain game baik online ataupun offline. Pada akhirnya konsumenlah yang akan menentukan manakah monitor gaming yang terbaik diantara banyak versi tersebut.  

0 Response to "Monitor Gaming Terbaik 2014 + Review"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *