Tips Membeli Harddisk Eksternal Western Digital My Passport

Harddisk eksternal merupakan aksesoris yang sangat berharga untuk mengamankan dan memback up data, serta memudahkan dalam mentransfer file diantara bermacam-macam perangkat. Dalam kaitan ini merk Western Digital (WD) merupakan salah satu produsen harddisk eksternal yang terkenal.

Western Digital memproduksi bermacam-macam hardisk eksternal untuk pasar yang berbeda-beda. Salah satu produk WD adalah My Passport. Sebelum membeli harddisk eksternal my passport, calon konsumen sangat disarankan untuk mengenal lebih dekat dengan pilihan yang tersedia, seperti tentang fitur masing-masing produk.

Baca juga : Tips Memilih dan Membeli Hardisk External Yang Bagus

Beberapa seri Western Digital My Passport

Series pada Western Digital My Passport adalah jajaran harddisk eksternal yang dirancang dengan mempertimbangkan portabilitas. Mereka datang dalam bentuknya yang kompak, agar mudah dimasukan dalam tas, ransel, atau kantong kecil. Ada tiga kategori WD My Passport yaitu : essential, ultra dan slim.

#1. WD My Passport Essential

wd my passport essential

WD Essential adalah unit external hard drive yang simple, cepat dan portabel. WD Essential bentuknya kompak dengan kapasitas storage berkisar antara 500GB sampai 2TB. Produk WD My Passport Essential dilengkapi dengan fitur penyimpanan basic yang diperlukan oleh hampir semua pemilik komputer di rumah.

Fitur WD Essential diantaranya mendukung port USB 2.0 dan USB 3.0, serta mampu melakukan transfer data dan sharing data secara cepat. Produk WD Essential bisa langsung digunakan dan tidak perlu adaptor tambahan. Ini membuat hardisk eksternal tersebut cocok untuk konsumen yang menginginkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan storage mereka. Bobotnya yang ringan dengan kapasitas storage yang besar membuat harddisk external ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, dan para professional.

#2. WD My Passport Ultra

wd my passport ultra

WD My Passport Ultra merupakan pilihan tepat bagi konsumen yang menginginkan ukuran hardisk eksternal yang lebih kecil dibandingkan ukuran hardisk portable pada umumnya. My Passport Ultra bentuknya lebih kompak dari WD Essential namun dengan kapasitas storage sama yaitu antara 500GB sampai 2TB.

My Passport Ultra juga mendukung port USB 2.0 dan USB 3.0. WD Ultra tersedia dalam warna hitam, biru, merah dan abu-abu perak. Hardisk ini dibekali dengan teknologi yang lebih maju seperti penyimpanan cloud. Selain itu body-nya dibalut dengan lapisan plastic sehingga lebih tahan guncangan. Saat membelinya, My Passport Ultra sudah dilengkapi dengan kantong penyimpanan khusus.    

#3. WD My Passport Slim

wd my passport slim

WD My Passport Slim merupakan pilihan tertinggi dari jajaran hard disk eksternal Western Digital. Berbeda dengan tipe Essential dan Ultra, My Passport Slim seluruhnya terbuat dari bahan metal sehingga lebih kompak dan lebih aman. Bentuknya lebih tipis dari WD Ultra dan dilengkapi berbagai fitur. My Passport Slim tersedia dalam pilihan penyimpanan bermacam-macam mulai dari 1TB, dan USB 3.0-nya sedikit lebih cepat dari WD Ultra yaitu : 120.8 MB/detik berbanding 115.8 MB/detik.

My Passport Slim dilengkapi dengan kemampuan proteksi password yang bisa digunakan konsumen untuk mengamankan file mereka. Ini membuat My Passport Slim cocok untuk kalangan bisnis dan professional yang punya data sensitif dan harus dilindungi.

Tabel Perbandingan Western Digital My Passport

Hard disk external WD My Passport dilengkapi dengan beberapa fitur teknologi yang maju. Untuk memudahkan pembaca dalam memilih, berikut table perbandingan teknologi yang digunakan pada series HDD My Passport.

Fitur
My Passport Essential
My Passport Ultra
My Passport Slim
Back up Cloud
Tidak
Ya
Ya
Plug and play
Ya
Ya
Ya
Proteksi password
Tidak
Ya
Ya
Enkripsi hardware
Tidak
Ya
Ya
WD Smartware Pro
Ya
Ya
Ya
WD Smartware Pro adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi hardisk externalnya agar secara otomatis memback up file atau folder penting miliknya.

Baca juga : Cara Merawat dan Menggunakan Hardisk Eksternal

WD My Passport untuk komputer Mac

Selain beberapa jenis My Passport diatas, Western Digital juga membuat harddisk eksternal untuk komputer Mac yaitu : My Passport for Mac, My Passport Studio, My Passport Air, My Passport Pro. Berikut table perbandingannya :

Fitur
My Passport for Mac
My Passport Studio
My Passport Air
My Passport Pro
Kapasitas
1TB – 3TB
1TB – 2TB
500GB – 1TB
2TB – 4TB
Interface
USB 2.0, USB 3.0
FireWire 800, USB 2.0
USB 2.0, USB 3.0
Thunderbolt
Proteksi password dan enkripsi hardware
Ya
Ya
Ya
-
Western Digital merupakan salah satu dari beberapa merk hardisk eksternal yang terkenal dan banyak digunakan di dunia. Dengan mengetahui fitur dari masing-masing tipe, diharapkan konsumen dapat menemukan hardisk external WD My Passport yang sesuai dengan kebutuhannya.

0 Response to "Tips Membeli Harddisk Eksternal Western Digital My Passport"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *