5 Pertimbangan Sebelum Membeli Harddisk External WD My Passport

WD My Passport merupakan series hard disk eksternal yang terkenal dan laris terjual dipasaran. Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Tips Membeli Harddisk Eksternal Western Digital My Passport. Agar mendapatkan pemahaman yang tepat, calon konsumen sebaiknya membaca juga tulisan sebelumnya itu.
hdd wd my passport ultra

Berikut 5 pertimbangan sebelum membeli Hdd WD My Passport 

#1. Perkirakan kapasitas tapi jangan berlebihan

Bagian paling krusial sebelum membeli harddisk eksternal barangkali adalah memperkirakan seberapa besar kapastias penyimpanan yang dibutuhkan. Sebab semakin besar kapasitas harddisk eksternal maka harganya pun semakin mahal.

Western Digital memproduksi harddisk eksternalnya dalam beberapa ukuran kapasitas : 500 GB, 1 TB, 2 TB dll. Ini agar konsumen punya banyak pilihan terkait kapasitas yang diperlukannya. Jadi jika calon konsumen memperkirakan kebutuhan storage-nya maksimal hanya sekitar 1TB maka ia tidak perlu membeli HDD external dengan kapasitas 2TB. Intinya beli hdd eksternal sesuai keperluan dan jangan berlebihan.

#2. Periksa dulu PC Anda

Konsumen yang punya PC model lama tidak akan bisa menggunakan beberapa fungsi dari harddisk external terbaru yang ada di pasaran. Misalnya tentang USB 3.0 yang sekarang menjadi standar pada beberapa device terbaik, fitur ini tidak akan berfungsi jika PC lama di rumah tidak mendukung port USB 3.0. Jadi sebelum membeli, pastikan hdd external yang Anda pilih mendukung port USB 3.0 dan USB 2.0.

Sebaliknya pada PC baru biasanya sudah dilengkapi dengan penyimpanan besar dalam jumlah terabyte. Dalam kaitan ini maka pengguna mungkin tidak perlu lagi membeli hdd external dengan kapasitas besar. Sebuah flashdisk bagus kapasitas 8 GB atau 16 GB sudah cukup jika hanya ingin mentransfer beberapa file video atau musik dari satu perangkat ke perangkat lain.

#3. Perhatikan kompatibilitas

Persoalan kompatibilitas sering terjadi antara perangkat di PC Windows dengan perangkat komputer Mac. Awalnya Western Digital banyak memproduksi hardware untuk PC windows. Namun kemudian WD juga memproduksi hardware untuk komputer Mac. Jadi perhatikan kompatibilitas agar tidak salah pilih.

#4. Pertimbangan fungsionalitas 

Mempertimbangkan fungsi dan fitur dari masing-masing hdd external juga patut diperthatikan. Misalnya proteksi password mungkin penting bagi sebagian orang, namun fitur password tidak relevan bagi orang yang hanya menyimpan file besar tapi biasa-biasa saja, alias bukan file yang penting-penting amat.

Demikian pula pertimbangkan dengan cermat tentang kapasitas hdd external, port USB dan penyimpanan di Cloud, karena sejatinya setiap orang punya kebutuhan berbeda. Ini semua agar fungsi dan fitur WD My Passport yang Anda beli berjalan optimal.

#5. Proteksi dengan antivirus

Banyak konsumen cenderung melupakan masalah antivirus hanya karena harddisk external yang dibelinya tidak dilengkapi program antivirus. Padahal virus bisa tertidur di hardisk dan kemudian muncul ketika sebuah file dibuka di PC Windows atau komputer Mac. Konsumen sebaiknya memiliki satu program antivirus sebelum mentransfer file dari satu media ke media lainnya.

Itulah 5 pertimbangan penting sebelum membeli harddisk external WD My Passport. Dengan pemahaman yang cukup, semoga Anda mendapatkan WD My Passport yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *