Perbedaan Antara Hardisk External dan Hardisk Internal

Bila Anda pengguna komputer dan sedang memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar untuk komputer di rumah atau di kantor, maka Anda dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu, antara menambah kapasitas hardisk internal atau membeli sebuah hardisk external.

Nah, Anda dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tapi sebelum itu pahami dulu apa perbedaan antara hardisk external dan hardisk internal.

Perbedaan hardisk external dan hardisk internal

Perbedaan hardisk external vs hardisk internal

Perbedaan utama antara hardisk internal dan hardisk eksternal adalah pada tujuan pembuatan mereka. Hard disk internal dimaksudkan untuk dipasang dan digunakan pada komputer secara tetap atau permanen.

Di sisi lain, hardisk eksternal dibuat dengan mempertimbangkan portabilitas, digunakan pada lebih dari satu komputer. Untuk penggunaan di berbagai perangkat seperti PC dan laptop dll, Anda hanya perlu konektor seperti kabel USB dan Firewire, kemudian Anda bisa langsung pasang dan gunakan (plug and play).

Tentu saja, Anda masih dapat memindahkan hard disk internal dari satu PC ke PC yang lain, tetapi itu butuh waktu dan tidak praktis. Misalnya Anda perlu buka tutup casing komputer, mencopot dan memasang hardisk dll. Sangat tidak praktis.

Secara fisik, hardisk internal dan hardisk eksternal bentuknya sama. Kecuali bahwa hardisk external dilengkapi dengan casing untuk melindungi drive yang sesungguhnya. Serta dilengkapi antarmuka yang diperlukan untuk port komputer.

Perbedaan kecil diatas lalu berimbas pada sejumlah efek yang signifikan yaitu :

#1. Harga hard disk external cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga hardisk internal.

#2. Adanya antar muka membuat hardisk eksternal lebih lambat kinerjanya dari hardisk internal. Sebagaimana diketahui USB dan firewire jauh lebih lambat dari SATA.

Kehadiran antarmuka baru yang dikenal dengan eSATA memungkinkan kecepatan hardisk eksternal mendekati SATA. Tapi muncul kerumitan baru berkenaan dengan kabel daya yang terpisah. Jadi tetap saja external hard drive lebih lambat dari internal hard drive.

#3. Karena mementingkan portabilitas maka ukuran hardisk external biasanya lebih kecil dari hardisk internal.  Bahkan setelah diberi casing sekalipun biasanya masih tetap lebih kecil.

Jadi sesuaikan pilihan Anda berdasarkan kebutuhan penggunaannya. Jika Anda lebih banyak  menggunakan satu PC, maka hard disk internal bukan hanya lebih baik, itu juga lebih murah. Sebaliknya jika Anda sering menggunakan beberapa komputer, atau sering mentransfer sejumlah file antar komputer, atau Anda ingin menyimpan back-up dari komputer Anda, maka hard disk eksternal adalah pilihan yang lebih baik.

Ringkasan perbedaan :

Hard disk external bersifat portabel sementara hard disk internal tidak.
Harga hard disk eksternal lebih mahal daripada hard disk internal.
Kinerja hard disk eksternal lebih lambat daripada hard disk internal.
Ukuran hard disk external lebih kecil daripada hard disk internal PC.

0 Response to "Perbedaan Antara Hardisk External dan Hardisk Internal "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *