Mengenal 4 Bagian - Komponen Utama Hardisk

Bagian - komponen utama hardisk 

Hardisk berfungsi sebagai tempat menyimpanan data dan program dalam computer. Hardisk memiliki empat bagian atau komponen utama di dalam casingnya, yaitu platter (untuk menyimpan data), spindle (untuk memutar cakram), lengan baca - tulis (untuk membaca dan menulis data) serta aktuator (untuk mengendalikan tindakan lengan baca - tulis).

bagian - komponen hardisk

Dan berikut adalah penjelasan tentang masing-masing bagian atau komponen utama hardisk tersebut :

#1. Platter 

Platter adalah cakram bundar dalam hardisk, tempat dimana binary “1” dan “0” yang membentuk file Anda disimpan. Platter terbuat dari bahan aluminium, kaca atau keramik dan memiliki permukaan magnetik untuk menyimpan data secara permanen.

Pada hard drive yang lebih besar, beberapa cakram digunakan untuk meningkatkan kapasitas drive secara keseluruhan. Data tersebut disimpan rapi pada track, sektor maupun silinder platter. Tujuannya agar terorganisir dan mudah ditemukan.

#2. Spindle

Spindle berfungsi agar cakram tetap berada pada posisinya dan atau memutarnya sesuai kebutuhan. Rating RPM (rotation per minute) akan menentukan seberapa cepat data dapat ditulis dan dibaca dari hardisk. HD internal pada PC biasanya berjalan pada 7.200 RPM, tapi ada juga yang perputarannya lebih cepat atau lebih lambat.

Spindle menjaga platter berada pada jarak yang tetap sehingga memungkinkan lengan baca - tulis untuk mendapatkan akses (lihat komponen ke-3).

#3. Lengan baca - tulis

Lengan baca - tulis (arm) atau biasa disebut lengan aktuator berfungsi mengendalikan pergerakan kepala baca – tulis (head). Head melakukan baca dan tulis secara aktual pada disk platter dengan mengubah permukaan magnetik menjadi arus listrik.

Lengan aktuator memastikan head berada pada posisi yang tepat berdasarkan data yang perlu diakses atau ditulis. Biasanya ada satu head untuk setiap sisi cakram. Head ini akan mengapung antara 3 sampai 20 sepersejuta inci di atas permukaan cakram.

#4. Aktuator

Aktuator atau head aktuator adalah motor kecil yang berfungsi mengambil instruksi dari papan sirkuit hardisk untuk mengendalikan pergerakan lengan baca - tulis serta mengawasi transfer data dari dan ke platter.

Komponen lainnya

Komponen hardisk lainnya adalah :

• Casing di bagian luar hard disk yang menampung semua komponen bersama-sama.
• Papan sirkuit untuk mengontrol sinyal input dan output bersamaan dengan port di ujung drive.
• 1 port untuk power supply
• 1 port untuk mentransfer data

Jangan sekali-kali berusaha mengutak-atik bagian-bagian hardisk. Hanya profesional bidang IT  yang direkomendasikan untuk mengerjakan komponen hard drive.

0 Response to "Mengenal 4 Bagian - Komponen Utama Hardisk "

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *