10 Penyebab Hardisk Cepat Rusak

Penyebab hardisk cepat rusak

Dalam menggunakan komputer, kadang kita suka sedikit ceroboh. Kecerobohan itu bisa karena tidak mengerti, sifat kita yang teledor, ataupun kondisi teknis yang tidak dapat kita hindari. Dan akibatnya sangat fatal yaitu HDD atau hardisk jadi cepat rusak.

perhatikan penyebab hardisk cepat rusak nih ya

Hardisk yang rusak akan menimbulkan masalah berkepanjangan, dan otomatis mengganggu pekerjaan.

Agar pekerjaan tidak terganggu, tak ada salahnya kita ketahui apa penyebab hardisk jadi cepat rusak.

Nah berikut dibawah ini adalah 10 penyebab hardisk cepat rusak :

#1. Hard disk tidak dirawat dengan baik. Contohnya file sampah tidak dibuang dan juga tidak tersusun rapi, sehingga mengakibatkan penumpukan file sampah yang saling menimpa.

#2. Terkena guncangan. Ketika harddisk sedang aktif bekerja, sangatlah berbahaya jika terjadi guncangan dan juga getaran. Sebab dapat mengakibatkan bad sector karena terjadi gesekan pada komponen platter dan track.

Oleh sebab itu, hindari melakukan aktivitas saat berada dalam ruang atau tempat tidak stabil karena akan mengganggu signal digital.

#3. Laptop harus lebih diperhatikan. Tidak disarankan untuk membawa dan menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby, karena dapat merusak hardisk. Posisi ini sebenarnya masih dalam keadaan yang aktif, jika ada terjadi gerakan dan goncangan membuat signal digital HDD rusak.

#4. Instal ulang hanya jika perlu saja. Apabila kita sering melakukan instal dan juga uninstal software dapat mengurangi umur dari HDD, termasuk juga instal ulang operating system.

#5. Jangan terlalu sering main game. Saat bermain game, biasanya system komputer akan menyediakan file sebagai data proses selama memainkan game. Indikator HDD akan bekerja ekstra sehingga hard disk jadi cepat panas. Ujung-ujungnya suhu panas ini menjadi penyebab hardisk cepat rusak.

#6. Penggunaan komputer yang terlalu lama tapi minim pendingin. Ini juga mengakibatkan hardisk jadi panas dan juga komponen menjadi lemah dan mudah rusak.

#7. Sering memutar musik dan juga video. Memutar music dan video dari harddisk mengakibatkan komputer membaca track hardisk secara terus menerus.

#8. Tegangan listrik tidak normal. Tegangan listrik yang naik-turun juga bisa menyebabkan kerusakan hard disk. Maka jika listrik tidak stabil, hindari menggunakan laptop atau komputer.

Jika listrik mati, usahakan melepas kabel power atau adapter charge dari stop kontak. Setelah itu pasang lagi. Tujuannya adalah untuk menetralisir tegangan.

#9. Mematikan komputer secara paksa. Mematikan computer langsung dari tombol ON OFF listrik sangat tidak sesuai prosedur. Karena itu dapat merusak harddisk.

#10. Defrag berlebihan (over defragment). Proses defragment tujuannya adalah untuk merapikan file yang berserakan, sehingga loading bisa lebih cepat. Namun defragment yang berlebihan sangat tidak dianjurkan dalam penggunaan hardisk.

Itulah 10 penyebab hardisk cepat rusak. Semoga kita jadi lebih berhati-hati dalam menggunakan komputer, sehingga HDD awet dan tahan lama.

0 Response to "10 Penyebab Hardisk Cepat Rusak"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan. Setiap komentar dimoderasi.

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *